EXTERIOR

5 Kesalahan Umum dalam Merawat Kebun

Timi Trieska Dara
Selasa 31 Agustus 2021 / 11:14
Jakarta: Berhasil atau tidaknya kamu membangun kebun di rumah tergantung pada bagaimana kamu merawat dan memeliharanya. Ada beberapa kesalahan dalam merawat kebun yang kerap dilakukan orang-orang. Berikut di antaranya:
 

1. Memilih tempat yang salah


Tempat meletakkan tanaman setidaknya harus mendapatkan 6 jam cahaya matahari langsung setiap hari. Pilih tempat yang lebih tiggi dan relatif datar, namun hindari dataran rendah seperti tempat air hujan terkumpul.
 

2. Membangun kebun dengan material yang salah


Hindari menggunakan material berbahaya dalam membangun kebun. Kayu yang di-press mungkin tampak seperti bahan yang tahan lama tetapi berisiko bahan kimia masuk ke dalam tanah. Sama halnya dengan ban bekas. Sebagai gantinya, pilihlah kayu pohon cemara, oak, redwood, batu, dan batu bata, yang merupakan pilihan yang sangat baik, tahan lama, dan bebas bahan kimia.
 

3. Tidak menggunakan tanah terbaik


Kantong berisi media tanam bertuliskan tanah untuk kebun belum tentu bisa digunakan untuk semua jenis tanaman. Tanah kebun atau media tanam dimaksudkan untuk dicampur dengan tanah lapisan atas yang ada guna memperbaiki tekstur dan komposisi nutrisinya.

Pastikan kamu menggunakan tanah dalam kemasan yang dirancang khusus untuk kebun, yang juga memiliki keuntungan disterilkan untuk membunuh benih gulma, serangga, atau hama penyakit di dalamnya.
 

4. Melewatkan jerami


Meskipun kebunmu dari tanah, tetap rentan terhadap gulma. Pastikan untuk menambahkan lapisan jerami untuk membantu mencegah gulma.

Jerami juga akan membantu mempertahankan kelembapan di sekitar akar tanaman, sehingga kamu tidak perlu sering menyiram. Selain itu, hasil panenmu akan lebih bersih karena jerami akan mencegah hujan mencipratkan tanah ke tanaman.
 

5. Tidak melindungi tanaman


Saat membangun kebun, pastikan kamu menjauhkan dari jangkauan kelinci atau hewan pemakan tumbuhan lainnya, Kamu bisa menempatkan tanaman cukup tinggi.

Cara terbaik untuk menghindari jaungkauan dari hewan yang lapar adalah membuat pagar. Jangan lupa, taburkan bubuk pengusir tikus tanah agar kebunmu tidak dirusak hewan pengerat itu.
(FIR)