EXTERIOR

Unik! Rumah Texas Penuh Warna di Bawah Tanah

Yuni Yuli Yanti
Selasa 20 Oktober 2020 / 09:33
Jakarta: Sebuah rumah di Buffalo, Texas, yang seluruhnya berada di bawah tanah, dijual dengan harga lebih dari $2,2 juta atau sekitar Rp32 miliar. 

Melansir Today, struktur rumah ini tidak memiliki cahaya alami. Agen terdaftar Terri Alexander mengatakan bahwa dekorasi yang cerah, termasuk mural dinding raksasa dan langit-langit berkubah lebih dari sekadar menebusnya.

"Awalnya, saya pikir akan membingungkan pergi ke rumah ini. Pemiliknya, orang yang sangat tertutup dan menginginkan sesuatu yang pribadi dan aman. Karena area ini kerap kali diterjang badai dan tornado, sehingga dia ingin membangun sesuatu yang tahan lama," kata Alexander.

Saat berkunjung, kamu bisa memasuki rumah melalui 'lubang Hobbit,' yakni pintu masuk melingkar yang dibangun di sisi bukit yang membuka ke lorong panjang yang berakhir di area lobi kecil.

(Pintu masuk "Lubang Hobbit" dicat agar terlihat seperti terowongan batu bata. Foto: Dok. Today.com)

Rumah tersebut kemudian terbuka menjadi ruang makan, dapur, dan area hiburan. Dindingnya ditutupi dengan beragam mural dan karya seni, mirip dengan yang menutupi terowongan dan lobi. 

Secara keseluruhan, rumah ini memiliki tiga kamar tidur dan dua kamar mandi dan luasnya sekitar 3.000 kaki persegi atau 278.7091 m². 

Setiap kamar memiliki gaya seni yang unik, termasuk replika lukisan terkenal dan ilustrasi lokasi pantai tropis, bersama dengan furnitur dan dekorasi yang serasi.

Alexander mengatakan bahwa dia tidak tahu seberapa jauh rumah itu di bawah tanah, tetapi kamarnya memiliki langit-langit berkubah setinggi 2.322576 m². 

(Bagian utama rumah termasuk dapur, ruang makan, dan penataan ruang tamu, dengan karya seni berwarna-warni di dinding. Foto: Dok. Today.com)

Selain itu, ada juga beberapa struktur di atas tanah seperti garasi dan dua bengkel. Garasi saat ini hanya satu lantai, tetapi terhubung untuk lantai kedua, dan ruang kerjanya cukup besar untuk menjalankan seluruh bisnis, sesuatu yang telah dilakukan pemilik rumah selama hampir 20 tahun.

Satu ruang kerja seluas 2.600 kaki persegi dengan tiga kamar dan kamar mandi, sedangkan bengkel lainnya berukuran sekitar 5.000 kaki persegi. 

(Dek yang indah menghadap ke salah satu kolam di properti seluas 39 hektar. Foto: Dok. Today.com)

Tanah seluas 39,28 hektar juga memiliki beberapa kolam mata air dan banyak ruang berkebun. Salah satu kolam memiliki dek cantik yang menghadapnya, menjadikannya tempat yang tepat untuk menghirup udara segar dan melepas lelah.

Alexander menuturkan bahwa rumah itu juga sepenuhnya mandiri. Meskipun, saat ini berada di jaringan listrik lokal, ia menggunakan air sumur dari sumur yang terletak di dekat situ dan memiliki sistem septik dan air sendiri. Termasuk generator yang dapat mengoperasikan rumah dengan daya penuh selama dua minggu.
(yyy)