FITNESS & HEALTH

Studi: Kopi dan Teh Hijau Kurangi Risiko Kematian pada Pasien Diabetes

Raka Lestari
Kamis 22 Oktober 2020 / 17:21
Jakarta: Sebuah studi baru-baru ini menyelidiki efek teh hijau dan kopi pada risiko kematian di antara penderita diabetes tipe 2. Para peneliti menemukan bahwa, minum dua atau lebih cangkir kopi dan empat cangkir atau lebih teh hijau setiap hari, dikaitkan dengan 63% kematian yang lebih rendah

Para peneliti dari Kyushu University, Fukuoka Dental College, dan Hakujyuji Hospital, di Jepang mencoba untuk melakukan penelitian terkait efek dari kopi dan teh hijau terhadap risiko kematian bagi pasien diabetes. Hasil penelitian mereka tersebut dipublikasikan dalam BMJ Open Diabetes Research & Care.

Para ilmuwan mengambil data dari Fukuoka Diabetes Registry, sebuah studi yang sedang berlangsung dan dirancang untuk menilai dampak pengobatan dan gaya hidup pada hasil diabetes. Secara keseluruhan, mereka menggunakan data dari 4.923 peserta dengan diabetes tipe 2. Para sukarelawan berusia 20 tahun atau lebih dengan usia rata-rata 66 tahun.

Dilansir dari Medical News Today, berdasarkan hasil penelitian tersebut partisipan yang minum lebih dari satu cangkir teh hijau atau kopi per hari, memiliki kemungkinan lebih rendah untuk meninggal, apapun sebabnya, dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum keduanya.

Para peneliti menyimpulkan, konsumsi teh hijau dan kopi yang lebih tinggi secara signifikan dikaitkan dengan penurunan semua penyebab kematian pada seseorang dengan diabetes tipe 2. Kombinasi antara konsumsi teh hijau dan kopi yang lebih tinggi secara signifikan mengurangi risiko kematian sampai 63 persen.

Seperti kebanyakan penelitian yang menyelidiki pengaruh satu jenis makanan atau minuman pada suatu populasi, penelitian ini memiliki batasan tertentu. Selain itu, yang terpenting, penelitian ini bersifat observasional. Sehingga tidak mungkin membuktikan bahwa teh hijau dan kopi mengurangi kemungkinan kematian.

Hanya saja mengonsumsi minuman ini dikaitkan dengan peluang yang lebih rendah. Dan yang tidak kalah penting, temuan ini menambah bukti bahwa teh hijau dan kopi mungkin bermanfaat bagi individu tertentu dalam cara tertentu.
(FIR)