FITNESS & HEALTH

Apakah Pasien Diabetes Tidak Boleh Makan Nasi Putih?

Raka Lestari
Selasa 01 Desember 2020 / 12:24
Jakarta: Bagi pasien diabetes, disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Salah satu makanan yang mengandung kadar gula adalah karbohidrat, yang bisa berasal dari nasi putih.

Dan banyak orang yang menganggap bahwa pasien diabetes tidak boleh mengonsumsi nasi putih. Apakah hal tersebut benar?

“Kalau menurut saya, orang yang memiliki diabetes sebenarnaya boleh makan apa saja. Boleh juuga menmgonsumsi karbohidrat apa saja, dan kalau mau mengonsumsi nasi apa saja juga boleh. Tidak harus selalu nasi merah, atau jenis-jenis tertentu,” ujar Prof. Dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD-KEMD, FINASIM, FACE, dokter spesialis penyakit dalam, pada Press Conference Pusat Layanan Diabetes Terintegrasi Eka Hospital Selasa, 1 Desember 2020.

Menurut Prof. Sidartawan, beberapa orang ada yang menganggap bahwa mengonsumsi nasi merah bagi pasien diabetes merupakan pilihan yang lebih baik karena pada nasi merah memiliki kandungan gula yang lebih rendah. 

“Akan tetapi kalau makan nasi merahnya dua piring tetap saja tidak sehat, tetap bisa menyebabkan gula darah naik,” ujarnya.


diabetes
(Atur jumlah dan skejul makan pada penderita diabetes. Foto: Ilustras/Pexels.com)


“Jadi semua nasi jenis apapun, mau itu nasi putih, nasi merah, nasi coklat, nasi hitam, atau karbohidrat apapun boleh-boleh saja asal tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan," katanya lagi.

"Karbohidrat kan selain dari nasi bisa didapat dari singkong, roti, mi, bihun, terserah apa saja asalkan jumlahnya yang diatur,” tutur Prof. Sidartawan.

Prof. Sidartawan menjelaskan bahwa prinsip mengonsumsi makanan bagi pasien diabetes boleh apa saja asalkan jumlah makanan yang dikonsumsi tersebut diatur. 

“Prinsipnya tidak ada yang dilarang, tetapi memang tidak boleh terlalu banyak dan dikonsumsinya kalau bisa sedikit saja,” tuturnya.

Ia bilang, bagi pasien diabetes jenis makanan bebas boleh apa saja tetapi jumlahnya harus diatur, jadwalnya pun harus diatur.

"Jadwal makannya itu pagi, siang, dan malam. Ada juga yang mengatakan pasien diabetes harus makan nasi merah atau nasi kemarin yang sudah dingin, tidak harus selalu begitu. Misanya dia hanya boleh mengonsumsi 100 gram karbo, ya tidak boleh lebih dari itu. Nasi apapun boleh saja,” tutup Prof. Sidartawan.
(TIN)