FITNESS & HEALTH

Beras Ini Bagus untuk Kamu yang Punya Diabetes

Kumara Anggita
Kamis 26 November 2020 / 07:00
Jakarta: Pasien diabetes perlu untuk mengurangi konsumsi nasi putih demi menghindari kenaikan gula darah. Hal ini cukup disayangkan mengingat nasi itu rasanya begitu cocok di lidah orang Indonesia.

Kendati demikian, kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi lainnya yang lebih sehat. Nasi yang dimaksud adalah nasi merah.

Dikutip dari Healthline, pada dasarnya nasi merah memang sudah memiliki berbagai nutrisi yang bagus. Beras merah adalah sumber serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang baik.

Bukti yang berkembang menunjukkan bahwa makanan berserat tinggi seperti nasi merah bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Beras merah ini juga dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu penurunan berat badan.
 

Manfaat nasi merah bagi pasien diabetes


Sumber menunjukkan bahwa berkat kandungan seratnya yang tinggi, nasi merah telah terbukti secara signifikan mengurangi kadar gula darah, setelah makan pada orang dengan berat badan berlebih, serta mereka yang menderita diabetes tipe 2. Ini sangat bermanfaat karena kontrol gula darah secara keseluruhan penting untuk mencegah atau menunda perkembangan diabetes.

Dalam sebuah penelitian pada 16 orang dewasa dengan diabetes tipe 2, makan 2 porsi nasi merah menghasilkan penurunan yang signifikan dalam gula darah pasca makan dan hemoglobin A1c (penanda kontrol gula darah), dibandingkan dengan mereka yang makan nasi putih.

Selain itu, studi selama 8 minggu pada 28 orang dewasa dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa mereka yang makan nasi merah setidaknya 10 kali per minggu mengalami peningkatan yang signifikan, dalam kadar gula darah dan fungsi endotel. Ini adalah pengukuran penting kesehatan jantung.

Penelitian lain juga menunjukkan hasil yang menarik. Dalam sebuah studi selama 6 minggu pada 40 perempuan dengan berat badan berlebih atau obesitas, makan 3/4 cangkir (150 gram) beras merah per hari menghasilkan penurunan berat badan, lingkar pinggang, dan indeks massa tubuh (BMI) yang signifikan, dibandingkan dengan putih.

Penurunan berat badan itu penting karena sebuah studi observasi pada 867 orang dewasa mencatat bahwa, mereka yang kehilangan 10% atau lebih berat badan mereka dalam waktu 5 tahun setelah menerima diagnosis diabetes tipe 2 ,dua kali lebih mungkin untuk mencapai remisi dalam periode tersebut.
 

Nasi merah dapat melindungi kamu dari diabetes tipe 2


Selain manfaat yang sudah disebutkan, nasi merah juga dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian pada 197.228 orang dewasa mengaitkan makan setidaknya 2 porsi nasi merah per minggu dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 secara signifikan. Selain itu, menukar 1/4 cangkir (50 gram) beras putih dengan merah dikaitkan dengan risiko 16% lebih rendah dari kondisi diabetes 2.

Meskipun mekanismenya tidak sepenuhnya dipahami, diperkirakan bahwa kandungan serat yang lebih tinggi pada nasi merah setidaknya ikut bertanggung jawab atas efek perlindungan ini.

Jadi tak ada salahnya untuk mulai mengganti nasi putih kamu ke nasi merah sekarang. Ini tak hanya bagus untuk mereka yang sudah terkena penyakit, namun juga untuk mejauhkan kamu dari risiko diabetes.
(FIR)