COMMUNITY

Bijak Kelola Sampah Plastik, Begini Cara Menggunakan Reverse Vending Machine

A. Firdaus
Kamis 20 Januari 2022 / 10:32
Jakarta: Reverse Vending Machine atau Mesin Penukaran Botol plastik paska konsumsi menjadi salah satu inovasi yang dilakukan Danone-AQUA dengan Alfamart dan PlasticPay. Tujuannya, untuk mengajak masyarakat bijak mengelola sampah plastik.

Untuk tahap pertama, Reverse Vending Machine ini akan ditempatkan di lima toko Alfamart yang berlokasi di Jakarta dan Tangerang. Jadi jangan heran, jika kamu melihat mesin ini di beberapa toko Alfamart.

Lalu bagaimana cara menggunakan mesin ini? Ada empat langkah mudah untuk menggunakan Reverse Vending Machine. Pertama, mengunduh aplikasi PlasticPay pada smartphone dan melakukan registrasi.

Kemudian kamu membawa kemasan botol plastik PET paska konsumsi ke lokasi AQUA RVM terdekat. Sebelum memasukkannya ke mesin RVM, kamu memindai barcode pada botol plastik PET paska konsumsi.

Terakhir, kamu cukup memindai QRCODE yang muncul pada mesin menggunakan aplikasi PlasticPay. Dan, diakhiri dengan mengklik 'AmbilPoin' pada aplikasi PlasticPay.


Reverse Vending Machine. (Dok: Danone-AQUA)

Selain mudah dan cepat, inisiatif ini juga menawarkan reward dari setiap poin yang dikumpulkan. Untuk kemasan botol plastik PET paska konsumsi dengan merk Danone-AQUA diberikan reward 100 poin per botol, sementara untuk botol PET bekas merk lain mendapat reward 50 poin per botolnya.

Poin-poin yang diperoleh dari setiap pengumpulan sampah botol plastic dapat ditukarkan dengan Gopay, Dana, LinkAja, OVO, Shopeepay, dan juga sedang diproses untuk bisa ditukarkan dengan Alfagift Points.

"Prosesnya, seluruh kemasan botol plastik paska konsumsi yang terkumpul dalam AQUA RVM akan diambil oleh mitra pengumpul sampah plastik Danone-AQUA dan langsung dibawa ke RBU (Recycle Business Unit) binaan Danone-AQUA yang berada di 6 lokasi, termasuk di Jakarta dan Tangerang Selatan," kata Suhendra Setiadi, CEO PlasticPay.

"Kemasan botol plastik paska konsumsi yang terkumpul kemudian akan diolah menjadi plastik PET daur ulang yang digunakan kembali sebagai bahan baku di seluruh kemasan botol AQUA," pungkasnya.
(FIR)