COMMUNITY

Peringati Hari Batik Nasional, MSI Gelar Lomba Desain Batik Virtual

Yuni Yuli Yanti
Selasa 06 Oktober 2020 / 17:08
Jakarta: Dalam rangka memperingati 11 tahun hari Batik Nasional, Mitra Seni Indonesia (MSI) sebagai perkumpulan yang peduli terhadap pelestarian seni dan budaya di Indonesia menyelenggarakan lomba berbusana batik serasi serta lomba kreasi atau desain motif batik yang diikuti oleh 60 peserta anggota MSI.

Lomba ini dinilai oleh tim Dewan juri yang kompeten di bidangnya yaitu Samuel Wattimena sebagai ketua yang juga merupakan staf khusus Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lisa Ayodhia pemerhati fashion, Neneng Iskandar selaku Kurator dari Himpunan Wastaprema, serta Budi Darmawan founder kita Batik Komunitas pencinta Batik Kreatif dan kompeten selaku kurator Wastra Indonesia.

Menurut Ketua Umum MSI Sari Ramdani, kriteria yang ditetapkan adalah batik tulis dan atau cap serta tidak diperkenankan menggunakan motif batik printing. Selain itu, harus mengetahui asal daerah dari motif yang digunakan serta filosofinya.

"Seluruh proses kegiatan ini dilakukan hanya dengan mengirimkan foto serta motif atau desain dengan tetap mengikuti protokol kesehatan ditengah pandemi ini. Sedangkan, untuk kreasi atau desain motif batik mengambil tema Jakarta dan Flora
Fauna," tuturnya. 


(Berikut adalah ketiga pemenang lomba Berbusana Batik Serasi terbaik. Foto: Dok. Pribadi/MSI)

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Busana Batik Serasi, Endang G Sawarno mengatakan meski di tengah pandemi, MSI berupaya tetap memperingati hari Batik Nasional 2020 dengan berbagai keterbatasan yang ada.

Kriteria penilaian dilihat dari gagasan dan konsep, originalitas, kreativitas, dan aktualitas mempunyai arti dan motif orisinal. Juga, komposisi warna dan unsur teknis yang harus disertai dengan mengenakan masker batik dalam rangka turut serta program kampanye pemerintah disiplin menggunakan masker.

"Pengumuman lomba dilakukan secara virtual. Adapun hadiah yang disediakan bagi pemenang lomba berupa uang, sertifikat piagam dan sehelai Batik Cap. Juara pertama mendapat uang senilai Rp2,5 juta, juara kedua Rp2 juta dan juara ketiga Rp1,5 juta," tambah ketua panitia Lomba Kreasi/Desain Motif Batik, RR Tentamia. 

Juara pertama lomba Berbusana Batik Serasi terbaik diraih oleh Titi Triwidodo, juara kedua Caecilia Tinna Halim, dan juara ketiga Trias Putri Sutisnawan. Sedangkan, untuk juara pertama Lomba Kreasi/Desain Motif Batik diraih oleh Trias Putri Sutisnawan, juara kedua Annisa Arumdari, dan juara ketiga Endang G Sawarno.

Selamat kepada para pemenang!
(yyy)