COMMUNITY

5 Anjing Paling Mudah Dilatih dan Taat Sebagai Hewan Peliharaan

Mia Vale
Senin 24 Januari 2022 / 08:05
Jakarta: Anjing yang bisa dilatih merupakan salah satu sahabat hewan yang paling kita cintai. Tetapi tidak semua ras anjing mudah untuk dilatih. 

Tanpa memelajari dasar-dasarnya, anjing dapat memiliki segala macam perilaku yang tidak diinginkan, seperti menarik tali, merusak barang-barang di rumah, dan tidak bersosialisasi dengan baik dengan orang atau hewan lain.  

Pelatihan yang tepat sangat penting untuk setiap hewan peliharaan, apakah mereka akan menjadi teman keluarga, anjing penolong, anjing pendukung emosional, atau anjing penjaga. 

“Anjing kamu perlu mengetahui kepatuhan dasar,” tegas Courtney Briggs, kepala pelatih di perusahaan pelatihan anjing Zoom Room. 

Melansir laman Reader's Digest, 'Duduk', 'diam', 'ayo', 'naik', dan 'turun' adalah keterampilan penting yang harus kamu kuasai sebelum membawa anjing ke lingkungan yang tidak dikenal dengan manusia dan aktivitas yang tidak dikenal. 

Bila berpikir untuk membawa hewan peliharaan baru ke dalam hidupmu, pertimbangkan dulu ras mana yang paling mudah dilatih. Baik naluri dan kecerdasan berperan dalam melatih hewan. 

"Ingat, terlepas dari jenisnya, melatih anak anjing membutuhkan waktu, konsistensi, dan kesabaran," ujar Rob R. Jackson, salah satu pendiri dan CEO Healthy Paws Foundation dan Healthy Paws Pet Insurance. 


anjing yang paling mudah dilatih
(Border collie. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

1. Border collie  


Dibesarkan untuk menjadi cerdas dan energik. Namanya diambil dari wilayah perbatasan Skotlandia. Anjing yang gesit dan cerdas ini praktis adalah atlet dalam hal menggembala dan tidak diragukan lagi lebih pintar dari yang dikira.  

Perlu diingat, border collie membutuhkan banyak waktu, perhatian, dan aktivitas khusus, dan salah satu ras anjing paling setia. Jackson merekomendasikan untuk fokus pada latihan pispot, perintah seperti "duduk" dan "diam", serta bersosialisasi untuk membantu terbiasa dengan orang, hewan, dan situasi baru.


anjing yang paling mudah dilatih
(German shepherd. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. German shepherd 


Anjing pemandu untuk orang buta, anjing penjaga, dan anjing penggembala semuanya memiliki satu kesamaan: Mereka sering kali adalah German shepherd. "Ini adalah beberapa anjing yang paling mudah dilatih untuk pekerjaan dan kehidupan keluarga," kata ahli perilaku hewan Mary Burch, PhD. 

Tidak heran mereka adalah salah satu ras paling populer. Karena mereka memiliki naluri pelindung yang kuat, penting untuk melatih mereka sejak dini, sehingga mereka tidak merasakan ancaman jika tidak ada. 


anjing yang paling mudah dilatih
(Labrador retriever. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

3. Labrador retriever 


Anjing paling populer di Amerika adalah Labrador retriever, menurut jajak pendapat American Kennel Club. Singkatnya, ini adalah anak anjing yang ingin menyenangkan dan beberapa anjing yang paling mudah untuk dilatih. Anak anjing lab memiliki kepribadian ramah, mudah bergaul, dan menyenangkan. 


anjing yang paling mudah dilatih
(Golden retriever. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

4. Golden retriever 


Anjing Golden Retriever dianggap sebagai anjing olahraga. Golden retriever senang, ramah, dan cerdas. Ketaatan bintang mereka membuat mereka menjadi anjing yang berperilaku terbaik dan anjing yang paling mudah untuk dilatih. Mereka juga menjadi anjing layanan dan terapi yang hebat. 

Dan mereka adalah salah satu anjing terbaik untuk manula. Karena mereka penuh kasih dan ingin menyenangkan, mereka merespons pujian verbal dan waktu bermain dengan baik. 

Jackson menyarankan pelatihan dengan makanan ringan atau camilan, belaian penuh kasih sayang, dan latihan perut. menggosok. Ini meningkatkan ikatan antara orang tua dan hewan peliharaan.


anjing yang paling mudah dilatih
(Pinscher doberman. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)  
 

5. Pinscher doberman 


Pinscher Doberman yang indah terkenal sebagai salah satu anjing yang paling mudah dilatih. Itulah sebabnya mereka sering digunakan untuk pekerjaan militer dan polisi. 

Terlepas dari reputasi sebagai anjing penjaga yang protektif dan menakutkan, anjing-anjing Jerman ini sebenarnya dibiakkan sebagai hewan pendamping, menjadikannya hewan peliharaan yang bagus untuk keluarga, bahkan anak-anak. 

Mereka dikenal setia, berani, dapat dipercaya, dan cerdas, dan meskipun mereka membutuhkan banyak pengayaan dan olahraga. Karena ukurannya yang besar, pelatihan yang konsisten sejak usia muda adalah kuncinya, memastikan mereka belajar cara duduk, berdiri, dan berjalan dengan baik dengan tali tanpa menarik. 

“Alat utama untuk menjaga anjing kamu tetap tenang adalah mengajari mereka untuk memiliki fokus pemilik yang hebat,” jelas Briggs. 

Fokus pemilik tidak berarti memaksa anjing untuk memerhatikan kita manusia. Itu berarti memberi penghargaan kepada anjing karena telah 'menyatu' dengan pemiliknya, apa pun situasinya.
(TIN)