COMMUNITY

8 Tips untuk Kamu yang Baru Pertama Kali Pelihara Kucing

A. Firdaus
Kamis 10 Juni 2021 / 11:13
Jakarta: Pada masa pandemi covid-19 yang mengharuskan segala aktivitas serba di rumah, mengadopsi kucing seakan menjadi kegiatan baru yang populer. Masyarakat Indonesia turut menjadikan kucing sebagai teman mereka di rumah.

Melihat tren ini, menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dapat mendorong pemilik untuk semakin memberikan perhatian penuh kepada kucingnya. Terutama bagi pemilik baru, memperhatikan kebutuhan dan perilaku sehari-hari kucing sangat penting agar pemilik dapat merawat si kucing dengan maksimal dan bertanggung jawab.

"Sedikit perhatian dari pemilik dapat membuat perubahan yang sangat besar dalam kehidupan dan kesejahteraan si kucing. Siapa pun dapat berkomitmen untuk mengadopsi kucing, tetapi memahami serta menghormati kebutuhan uniknya lah yang akan memperlancar dan membuat hubungan itu jauh lebih baik untuk jangka panjang," ujar drh. Siti Zaenab.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh pemilik kucing baru untuk menjaga kucingnya dengan sebaik mungkin, seperti saran dari drh. Siti Zaenab berikut ini:
 

1. Tempat tinggal yang nyaman


Si kucing harus merasa nyaman dengan tempat tinggalnya. Agar dapat tercapai sediakan tempat tidur yang nyaman, mangkuk makanan, mangkuk air, dan kotak kotoran yang diletakkan di tempat yang mudah terpantau.
 

2. Hiburan


Selain itu, kegiatan yang mendorong kucing untuk aktif bergerak juga penting untuk merangsang pertumbuhan sehatnya. Oleh karena itu, pemilik dapat mengisi rumah dengan berbagai macam hiburan seperti mainan interaktif dan pohon kucing.
 

3. Konsultasi dengan dokter hewan


Berkonsultasi dengan dokter hewan yang dapat dipercaya, sehingga pemilik merasa nyaman juga sangat penting karena dokter hewan adalah sumber informasi terpercaya sepanjang perjalanan hidup si kucing.

"Nasihat dari dokter hewan mencakup keputusan kesehatan penting, mulai dari mendapatkan vaksin inti hingga kontrol untuk mengatasi masalah seperti parasit, kutu dan tungau. Dokter hewan juga dapat memberikan pandangan ahli tentang pilihan makanan terbaik dengan kandungan nutrisi lengkap, yang sangat penting untuk memastikan pertumbuhan yang optimal," terang drh. Siti Zaenab, yang juga owner dan Director My Vets.
 

4. Makanan


Sebagai pemilik baru, kamu harus memberikan makanan yang tepat untuk terus menjaga kesehatan kucingmu. Pilihan dan pola makan yang diformulasi dan direkomendasikan oleh dokter hewan memastikan kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan unik dan tahap kehidupan si kucing.


Ilustrasi freepik
 

5. Kondisi kucing


Perubahan perilaku dapat menandakan ada yang tidak beres dengan kucing Anda. Perubahan seperti pilih-pilih makanan atau hanya duduk di satu tempat adalah tanda bahwa mereka sedang mengalami masalah.

"Selain perilaku, kucing juga dapat mengeluarkan suara yang berbeda dari meongan 'belai aku atau beri aku makan!' pada umumnya mungkin merupakan cara kucing meminta bantuan. Pemilik harus peka terhadap perubahan-perubahan ini karena kucing sangat pandai dalam menyembunyikan ketidakbahagiaan dan masalah kesehatannya, seperti sakit dan cedera," terang drh. Siti Zaenab, yang merupakan lulusan IPB ini.
 

6. C.A.T.S


Pemilik baru dapat menggunakan checklist C.A.T.S. untuk memeriksa kesehatan kucingnya dan memastikan bahwa mereka selalu sehat, bahagia, dan dalam kondisi terbaik dengan empat indikator, yaitu bulu, nafsu makan, perilaku dan ukuran.

 

7. Berolahraga


Untuk terus menjaga pertumbuhan sehatnya, kucing juga perlu mengeluarkan energinya dengan berolahraga. Kucing dianjurkan untuk bermain beberapa kali dalam sehari selama sekitar 10-15 menit, mulai dari mengejar mainan favorit mereka hingga berjalan santai mengelilingi kompleks rumah, yang bisa menjadi kebiasaan yang menyenangkan bersama pemilik.
 

8. Menjaga kebersihan kucing


Setelah berolahraga, pemilik harus menjaga kucingnya tetap bersih. Meskipun kucing sangat pintar dalam merawat diri sendiri, pemilik tetap harus menyisirnya setidaknya tiga kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan bulunya.
(FIR)