BEAUTY

Mengenal Serum Wajah dan Keunggulannya Dibandingkan Produk Skincare Lain

Yuni Yuli Yanti
Kamis 02 Desember 2021 / 07:07

Jakarta: Para Beauty Enthusiast, Influencer, hingga Beauty Vlogger selalu 'menyebutkan' tidak pernah melewatkan serum wajah dalam urutan perawatan kulitnya. Mereka pun menganggap serum wajah adalah produk skincare yang terbukti ampuh memberikan hasil instan dibandingkan produk skincare lainnya. Mulai dari tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, tekstur kulit kasar, hingga berkurangnya kekenyalan kulit.

Seperti diketahui, kebanyakan orang selama ini memang hanya mengandalkan moisturizer untuk melembapkan kulit wajah. Namun, nyatanya produk tersebut kurang bekerja secara optimal. 

Mengutip dari L'Orèal Paris, selain menggunakan moisturizer, cara melembapkan wajah yang optimal bisa dilakukan dengan memakai serum wajah. Bedanya serum dengan produk perawatan kulit lain adalah manfaat dan konsentrasi bahan kandungannya. 


(Karena berbahan dasar air, serum dapat dengan mudah menyerap ke lapisan kulit. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Serum ditujukan untuk mengatasi masalah kulit, jadi tidak sekadar merawatnya saja. Karena itu, serum memiliki bahan kandungan yang lebih sedikit jumlahnya. Namun fokus kepada 1-3 kandungan utama saja yang konsentrasinya dibuat lebih tinggi agar efektif dalam mengatasi masalah kulit.

Teksturnya juga dibuat lebih ringan dan cenderung berbahan dasar air sehingga dapat dengan mudah menyerap ke lapisan kulit sehingga bekerja lebih efektif.

Karena kandungan dan cara kerjanya ini, kamu tak perlu menggunakan serum dalam jumlah banyak. Cukup beberapa tetes saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kulit wajah. 
 

Cara memilih serum wajah

Kalau kamu termasuk pemula dalam menggunakan serum, mungkin bingung serum seperti apa yang sebaiknya dipilih. Nah, agar tidak salah pilih, kamu wajib tahu kebutuhan kulitmu. Baiknya berkonsultasi dulu ke ahlinya untuk mengetahui kondisi dan masalah kulit wajah, baru setelah itu memilih serum yang sesuai dengan kebutuhan.

Karena kulit wajah cenderung lebih bermasalah saat usia bertambah, maka serum wajah lebih banyak ditujukan untuk perawatan kulit usia 30 tahun ke atas, terutama untuk anti-aging.


(Serum ditujukan untuk mengatasi masalah kulit, jadi tidak sekadar merawatnya saja. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Selain itu, dibuat juga pilihan serum yang manfaatnya bisa didapatkan oleh semua wanita dari segala umur. Mulai dari yang berusia muda sampai yang sudah matang. 

Seperti serum pencerah kulit, serum yang mengatasi hiperpigmentasi, serum yang melembapkan, serta serum dengan kandungan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. 
(yyy)