BEAUTY

5 Ciri Kulit Ketiak yang Sehat dan Manfaatnya

Raka Lestari
Kamis 20 Januari 2022 / 17:10
Jakarta: Kulit ketiak terkadang menjadi salah satu bagian tubuh yang sering terlupakan. Tidak seperti kulit wajah yang bisa terlihat langsung, kulit ketiak berada di tempat yang tersembunyi.

Tak dapat dipungkiri, terkadang banyak orang tidak terlalu memerhatikan kondisi kulit ketiak mereka. Berikut cara mengetahui kulit ketiakmu sehat:
 

1. Nyaman


“Definisi kulit ketiak yang sehat adalah kondisi di mana kulit ketiak terasa nyaman, bahkan tidak merasakan apapun,” jelas dr. Nessya Dwi Setyorini, SpDV, Dokter Spesialis Kulit, dalam acara Peluncuran NIVEA Brightening Range 8 Superfood Deodorant, pada Kamis, 20 Januari 2022.
 

2. Tidak merasa gatal


Menurut dr. Nessya, jika kulit ketiak terasa gatal atau nyeri, maka itu menandakan kulit ketiak yang tidak sehat.
 

3. Memiliki warna yang rata


Selain itu, kulit ketiak yang sehat adalah kulit ketiak dengan warna yang rata. 
 

4. Terhidrasi


Kulit ketiak yang sehat bersifat tenang dan terhidrasi dengan baik.
 

5. Halus


Ketika diraba, kulit ketiak juga terasa halus dan tidak ada luka.
 

Manfaat kulit ketiak


“Kulit ketiak itu unik, karena ada di lipatan tertutup sehingga sering terlupakan. Padahal, kulit ketiak butuh perawatan dan perhatian yang khusus. Kulit ketiak juga berperan sebagai pelindung terhadap kondisi lingkungan dari luar, misalnya ketika berlari biasanya kan kulit ketiak akan bergesekan,” kata dr. Nessa.

Selain itu juga, dr. Nessa menjelaskan bahwa kulit ketiak bermanfaat sebagai pelindung tubuh dari cuaca dan racun-racun atau bekteri serta zat iritan. Dengan adanya kulit ketiak, itu juga berfungsi sebagai pelindung agar tidak kehilangan air dari kulit.

“Tantangan dari kulit ketiak juga lebih sulit dibandingkan kulit pada umumnya, karena kulit ketiak cenderung lebih tipis dan halus. Keunikan lainnya, pada kulit ketiak juga terdapat banyak kelenjar minyak dan folikel rambut. Sehingga ketiak akan sering basah, dan itu merupakan hal yang wajar,” jelas dr. Nessa.

Menurut dr. Nessa, ketiak yang basah merupakan hal yang wajar. Sebab itu merupakan cara tubuh untuk menurunkan suhu tubuh ataupun mengeluarkan racun.

“Untuk itu penting sekali untuk selalu merawat kulit ketiak dengan baik,” tutup dr. Nessa.
(FIR)