BEAUTY

Soda Kue hingga Jus Tomat, Ini 5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Ketiak

Medcom
Selasa 28 Juni 2022 / 14:00
Jakarta: Bau badan tak sedap biasanya dipicu oleh bakteri yang hidup di permukaan kulit. Bakteri itu memecah protein saat kamu berkeringat dan ada pelepasan beberapa senyawa asam yang berbeda, sehingga menyebabkan bau menyengat.

Penggunaan deodoran memang menjadi solusi praktis bagi kamu yang menderita bau ketiak. Namun, pernahkah kamu berpikir, bagaimana efek samping dari penggunaan deodoran dalam waktu yang lama?

Nah, untuk mengatasi hal itu, tak ada salahnya untuk mencoba bahan alami untuk mengatasi bau ketiak. Melansir E Times, berikut beberapa bahan-bahan yang dapat dicoba:
 

1. Cuka sari apel

Ambil satu cangkir cuka sari apel dan campur dengan 1/2 setengah cangkir air. Taruh di botol semprot dan gunakan setiap malam di ketiakmu sebelum tidur. Lalu, cuci dengan air hangat di pagi hari.
 

2. Garam batu

Masukkan garam batu ke dalam ember berisi air hangat. Aduk rata sampai larut lalu gunakan air tersebut untuk mandi. Ini memiliki sifat pembersihan dan juga menghilangkan keringat ekstra.


(Jus tomat menjadi salah satu bahan alami yang dapat menghilangkan bau ketiak. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Soda kue dengan lemon

Ambil dua sendok makan soda kue dan campur dengan satu sendok makan jus lemon. Buat menjadi pasta, kemudian pijat campuran ini di ketiakmu selama 10 menit dengan gerakan memutar. Setelahnya cuci bersih dengan air ya!
 

4. Kentang

Potong irisan tipis kentang dan gosokkan pada ketiak selama 30 menit. Setelah itu, cuci dengan air dan bau ketiakmu akan memudar.
 

5. Jus tomat

Campur jus tomat dengan jus lemon. Oleskan campuran tersebut selama 10 menit di sekitar ketiak dan kemudian bersihkan dengan air dingin.
(yyy)