BEAUTY

Jarang Diketahui, ini 5 Manfaat Saffron untuk Kecantikan Wajah

Cindy
Sabtu 08 Januari 2022 / 17:33
Jakarta: Bunga Saffron merupakan salah satu jenis rempah beraroma khas yang dapat ditemukan di Iran. Biasanya, saffron dipakai untuk menambah cita rasa makanan. 

Saffron juga diketahui memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit, terutama wajah. Berikut 5 manfaat Saffron untuk kecantikan wajah seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Mencerahkan wajah

Manfaat paling utama dari saffron adalah mencerahkan kulit.  Anda cukup memijat wajah menggunakan masker wajah saffron dan minyak esensial yang dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit. Cara ini akan membuat kulit tampak lebih bercahaya. 

Caranya mudah, Anda tinggal mencampurkan 3-4 helai saffron dan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran saffron tersebut ke seluruh permukaan wajah seraya meminjatnya dengan gerakan memutar searah jarum jam. Diamkan masker saffron selama satu jam lalu bilas hingga bersih. 

Baca: Make Up Kilat untuk Kamu yang Super Aktif

2. Menghilangkan jerawat

Saffron juga diyakini ampuh menghilangkan jerawat dan mengurangi bekas jerawat. Anda tinggal membuat masker wajah saffron dicampur susu cair putih. Susu bermanfaat sebagai zat yang melepaskan sel kulit mati.

Caranya, siapkan 3-4 helai saffron dan seperempat gelas susu cair putih. Rendam helaian saffron dalam susu sekitar dua jam. Kemudian oleskan masker saffron ke area wajah dan leher Anda. Diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. 

3. Melembabkan kulit

Kandungan yang terdapat pada saffron diketahui mampu melembabkan kulit wajah yang kering. Anda cukup membuat masker wajah saffron yang dicampur susu bubuk dan air bersih. 

Caranya mudah, campurkan 4-5 helai saffron, dua sendok makan susu bubuk, dan seperempat gelas air bersih. Aduk hingga berbentuk seperti pasta, lalu oleskan masker pada wajah. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. 

Baca: 6 Makanan Ini Bikin Kulit Kamu Sehat dan Glowing

4. Mengurangi iritasi kulit

Iritasi kulit juga dapat berkurang dengan menggunakan masker saffron. Saffron yang memiliki kandungan antioksidan crocin, crocetin, dan kaempferol bermanfaat sebagai zat antiradang. 

Anda cukup mencampurkan 4-5 helai safron dengan minyak zaitun dan madu, lalu diamkan selama satu jam. Kemudian oles masker saffron seraya dipijat di seluruh bagian wajah, dan diamkan selama 15 menit. Bilas masker hingga bersih. 

5. Mengatasi mata panda

Saffron diyakini dapat mengatasi lingkaran hitam di sekitar mata atau mata panda. Anda hanya perlu menyiapkan 2-3 helai saffron dan 2 sendok makan air. 

Rendam saffron dalam air semalaman. Keesokan harinya, haluskan saffron sampai lembut hingga larut dalam air. Oleskan larutan saffron ke area di sekitar bawah mata dan diamkan selama 15-20 menit. Jika sudah, bilas dengan air bersih.

Itulah 5 manfaat penggunaan bunga saffron untuk kecantikan wajah.  Cukup mudah bukan? 

Baca: Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Teh untuk Kecantikan
(CIN)