BEAUTY

Begini Langkah Perawatan Kecantikan dari Pagi hingga Malam Hari

Kumara Anggita
Jumat 04 Desember 2020 / 15:08
Jakarta: Merawat kulit perlu dilakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal. Dan, kamu bisa menargetkan perawatan tersebut agar hasilnya sesuai dengan keinginan kamu seperti bebas jerawat, lebih bersinar, atau glowing. 

Dikutip dari Healthline, berikut step by step perawatan wajah yang perlu kamu lakukan agar hasilnya seperti yang kamu idam-idamkan. 
 

Rutinitas pagi

1. Pembersih

Produk ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan keringat yang menumpuk dalam semalam.

2. Toner

Ini akan menghilangkan minyak yang terlewat oleh pembersih kamu dan menyeimbangkan tingkat pH kulit. Lewati toner berbahan dasar alkohol 

3. Serum

Coba pilih serum dengan asam hialuronat.

4. Pelembap

Pilih dua pelembap berbeda untuk melembapkan dan menutrisi berbagai bagian wajah kamu. Formula krim sangat ideal untuk area kering. Untuk bagian yang berminyak, cobalah produk berbahan dasar air yang ringan. 

5. Tabir surya

Ini salah satu yang paling penting karena berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Pilihlah formula SPF 30+ yang ringan.


(Daripada mengoleskan satu masker ke seluruh wajah, kamu bisa menggabungkan dua atau lebih.? Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Riasan (jika diinginkan)

Jika kamu ingin memakai riasan, pilihlah produk yang ringan dengan hasil matte. Untuk alas bedak dan concealer, carilah formula bebas minyak dan nonkomedogenik.
 

Rutinitas malam

1. Make up remover (jika perlu)

Kamu harus membuangnya untuk menjaga pori-pori tidak tersumbat dan memungkinkan kulit untuk bernapas. Micellar water adalah salah satu prdouk yang paling lembut.

2. Pembersih

Pembersih malam hari yang baik akan menghilangkan sisa riasan yang membandel serta kotoran-kotoran di siang hari. Juga, membantu memerangi penyumbatan dan menenangkan kulit kering.

3. Serum atau pelembap

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk produk yang lebih kuat. Pilih pelembap yang kaya akan emolien untuk bagian kering, produk vitamin C restoratif, atau perawatan retinol yang tidak mengeringkan. 
 

Tambahan perawatan

1. Exfoliant

Mengangkat kulit mati sangat penting untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan area kering. Gunakan exfoliant kimiawi yang lembut. Lakukan ini sekali seminggu, tingkatkan hingga dua atau tiga kali seminggu jika perlu.

2. Masker wajah

Multi-masking dibuat untuk kulit kombinasi. Daripada mengoleskan satu masker ke seluruh wajah, kamu bisa menggabungkan dua atau lebih.
(yyy)