BEAUTY

4 Cara agar Rambut Bisa Tumbuh dengan Cepat

Raka Lestari
Sabtu 10 April 2021 / 15:24
Jakarta: Banyak orang mengeluhkan bahwa rambutnya tidak cepat tumbuh. Pada dasarnya, memang tidak ada obat khusus yang bisa membuat rambutmu panjang dengan cepat dalam waktu semalam.

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar rambut bisa tumbuh dengan cepat. Melansir Insider berikut ini adalah empat langkah agar rambut bisa tumbuh dengan cepat:
 

1. Mengonsumsi diet sehat


Makanan yang seimbang dan sehat penting untuk pertumbuhan rambut. Sebaliknya, jika kamu melakukan diet ketat, maka yang terjadi pertumbuhan rambut lebih lambat, rambut mudah rontok, dan menipis lebih cepat.

"Jika kamu menghilangkan nutrisi yang tepat dari tubuh, maka tubuh akan merespons dengan memprioritaskan fungsi esensial terlebih dahulu daripada fungsi non-esensial, sehingga mengurangi pertumbuhan rambut," kata Susan Massick, MD, seorang dokter kulit dan profesor di Divisi Dermatologi di The Ohio State University Wexner Medical Center.

"Dengan kembali ke pola makan yang sehat dan seimbang, kamu mengisi kembali simpanan nutrisi, yang mengarah ke rambut yang lebih sehat dan lebih kuat," kata Susan.
 

2. Mengonsumsi suplemen


Mengonsumsi vitamin dan suplemen adalah cara yang bagus untuk memelihara dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini sangat penting jika kamu kekurangan vitamin tertentu.

Massick merekomendasikan vitamin, mineral, dan asam lemak berikut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut:

•    Biotin (Vitamin B7)

•    Vitamin C

•    Vitamin D

•    Vitamin E.

•    Zinc

•    Zat besi

•    Asam lemak omega 3
 

3. Perlakukan rambut dengan hati-hati


Saat mencoba menumbuhkan rambut, mencegah kerusakan adalah kuncinya. Jika rambut rusak, kemungkinan besar akan patah, yang akan mencegahnya tumbuh lebih panjang.

Menurut Michele Green MD, dokter kulit kosmetik bersertifika, jika harus menggunakan catokan untuk rambutmu, pastikan lakukan secara minimal dan gunakan produk pelindung rambut dari panas tersebut.  
 

4. Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala


Susan mengatakan, kamu dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala dengan keramas lebih jarang. Selain itu, menggunakan kondisioner untuk mengunci kelembapan dan mencegah ujung kering serta rapuh yang rentan terhadap kerusakan.

Daripada keramas setiap hari, Susan menyarankan keramas setiap dua hari sekali, dan menggunakan dry shampoo di sela waktu keramas. Sebab terlalu banyak keramas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kepala.
(FIR)