BEAUTY

5 Bahan Dapur yang Bisa Membersihkan Kulit Wajahmu secara Alami

Raka Lestari
Sabtu 16 Januari 2021 / 14:00
Jakarta: Untuk membersihkan wajah, kamu tidak perlu menggunakan berbagai produk kecantikan dengan harga yang sangat mahal. Kamu bisa membuat pembersih wajah dengan bahan-bahan yang ada di dapur.

Selain harga yang ramah bagi kantong, membuat pembersih wajah dari bahan-bahan yang ada di dapur juga tidak kalah bagus dengan pembersih wajah yang dijual di pasaran. Dikutip dari Reader's Digest berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk dijadikan pembersih wajah:
 

1. Minyak kelapa


Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur alami, itu pelembap yang efektif, dan sangat bagus untuk dermatitis atopik. Namun, jika kamu memiliki kulit yang rentan berjerawat, sebaiknya tidak menggunakan minyak kelapa.

Caranya, secara lembut pijatkan minyak kelapa ke wajah selama sekitar 30 detik. Kemudian oleskan handuk hangat ke wajah untuk membuka pori-pori kulit wajah. Tunggu sekitar 15-30 detik, kemudian hapus minyak kelapa dengan menepuk-nepuk dengan kain lap bersih.
 

2. Cuka apel


Cuka apel dapat membantu memulihkan tingkat pH kulit wajah dan bisa juga untuk membantu meredakan jerawat, mencegah pori-pori tersumbat, dan menjaga kulit menjadi terlalu kering atau terlalu berminyak.

Campurkan 1 bagian cuka sari apel dengan 2 bagian air, dan kocok dengan baik. Oleskan ke wajah yang bersih dengan kapas, Setelah kulit wajah mengering, kenakan pelembap harian.
 

3. Madu dan lemon


Campurkan 2 sendok teh madu dan 1 sendok teh air lemon segar. Aduk-aduk dengan menggunakan jari-jari tangan, lalu ratakan campuran madu dan lemon tersebut ke wajah dan lehe. Setelah itu, biarkan campuran itu sampai kering, lalu bilas dengan air hangat.
 

4. Yogurt


Yogurt adalah pembersih wajah alami yang sempurna, kaya protein dan asam laktat. Senyawa-senyawa tersebut bekerja bersama untuk membantu detoksifikasi kulit.

Pijat perlahan-lahan sedikit yogurt plain ke wajah menggunakan ujung-ujung jari yang sudah bersih. Hal ini akan membantu melunturkan kotoran atau riasan. Biarkan yoghurt selama 5-10 menit, lalu bersihkan dengan air hangat dan handuk.
 

5. Anggur


Beberapa penelitian kecil telah menemukan bahwa fitonutrien dalam anggur dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari radiasi UV yang berbahaya. Belah anggur menjadi dua bagian (merah atau hijau), kemudian buang bijinya.

Gosokkan bagian dalam anggur ke wajah dan leher. Ini akan memelihara kulit serta mencegah kulit menjadi keriing. Bilas dengan air dingin dan tepuk-tepuk kulit dengan lembut.
(FIR)