BEAUTY

Melembapkan hingga Bikin Rileks, Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Yuni Yuli Yanti
Senin 06 Juni 2022 / 08:00
Jakarta: Minyak kelapa merupakan salah satu bahan dapur yang sangat serba guna. Tak hanya bisa dapat membuat masakan jadi enak, minyak kelapa juga diyakini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. 

Berikut ini lima manfaat minyak kelapa yang bisa digunakan sebagai perawatan kulit dan rambutmu:
 

1. Melembapkan kulit kering

Selain bisa mengatasi kulit kering, minyak kelapa juga membantu merawat wajah yang kusam dan melembapkannya. Oleskan secara rutin minyak kelapa pada bagian kulit yang dirasa kering, seperti siku dan kaki. Beberapa orang juga menggunakan minyak kelapa untuk mencegah mimisan yang terjadi karena cuaca dingin atau panas berlebihan.
 

2. Menyamarkan mata panda

Sebagian dari kamu tentu tak nyaman memiliki mata panda bukan! Oleh karena itu, gunakanlah minyak kelapa sebagai krim untuk dioles ke bagian bawah mata, ini akan membantu untuk menyamarkan kantung mata. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga bisa mencegah keriput dan garis-garis halus di bawah mata. Oleskan minyak kelapa di bawah mata, lalu pijat selama 15 menit secara perlahan. Lakukan secara rutin untuk mencegah timbulnya lingkaran hitam di bawah mata.


(Minyak kelapa juga dapat menjadi minyak tubuh yang sangat baik, apalagi saat kamu akan melakukan pijat dan relaksasi. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Exfoliator terbaik

Minyak kelapa merupakan exfoliator terbaik, karena membantu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan dan membuat kulit terasa lebih halus. Tingginya kandungan asam laurat dalam minyak kelapa, membantu meregenerasi kulit dan membuatnya bebas bernapas. Tambahkan sedikit gula pada minyak kelapa, lalu oleskan pada tubuh dan wajah sebagai scrub.


(Oleskan minyak kelapa pada bagian tubuh yang rentan kering, seperti kaki misalnya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

4. Masker rambut dan kondisioner

Minyak kelapa bisa dimanfaatkan juga sebagai kondisioner dan masker rambut. Kandungan asam lemaknya bisa menjaga kealamian rambut menjadi lebih lembut dan lembap. Oleskan minyak kelapa dari akar hingga ujung rambut, kemudian bilaslah dengan air dingin.
 

5. Minyak pijat alami

Minyak kelapa juga dapat menjadi minyak tubuh yang sangat baik, apalagi saat kamu akan melakukan pijat dan relaksasi. Ini bisa membantu untuk menyehatkan tubuh serta meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, sehingga kamu akan terasa lebih rileks. 

Lebih dari itu, minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai minyak mandi, yang akan melembapkan dan melembutkan kulit. Tambahkan sedikit minyak kelapa pada busa sabun atau pada saat melakukan body spa.
(yyy)