BEAUTY

6 Alasan Mengapa Rambutmu Ubanan, meski Kamu Masih Muda

Kumara Anggita
Rabu 05 Mei 2021 / 09:10
Jakarta: Salah satu tanda penuaan yang terlihat jelas adalah uban atau rambut yang tumbuh berwarna putih. Namun ternyata, kondisi ini bisa juga terjadi pada orang yang masih muda.

Tumbuhnya rambut ini pada usia muda bisa terjadi karena berbagai faktor. Dikutip dari Amodrn, di antaranya:
 

1. Kekurangan vitamin


Sumber menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B-6, B-12, biotin, vitamin D, atau vitamin E dapat menyebabkan uban prematur.
 

2. Genetika


Rambut beruban dini seseorang sebagian besar terkait dengan genetika juga. Ras dan etnis juga berperan. Uban prematur pada orang Asia dapat dimulai sejak 25 tahun.
 

3. Stres oksidatif


Sementara uban sebagian besar bersifat genetik, stres oksidatif dalam tubuh mungkin berperan pula. Stres oksidatif menyebabkan ketidakseimbangan ketika antioksidan tidak cukup untuk melawan efek merusak dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang merusak sel, berkontribusi pada penuaan dan penyakit. Terlalu banyak stres oksidatif dapat meningkatkan perkembangan penyakit, termasuk kondisi pigmen kulit vitiligo. Vitiligo juga dapat memutihkan rambut karena kematian sel melanin atau hilangnya fungsi sel.
 

4. Kondisi medis tertentu


Beberapa kondisi medis, termasuk penyakit autoimun, dapat meningkatkan risiko seseorang beruban lebih awal. Faktanya, penelitian yang diterbitkan pada 2008 menunjukkan adanya hubungan antara kelainan rambut dan disfungsi tiroid.

Rambut putih juga umum terjadi di alopecia areata, kondisi kulit autoimun yang menyebabkan rambut rontok di kulit kepala, wajah, dan bagian tubuh lainnya. Rambut yang tumbuh kembali cenderung menjadi putih karena kekurangan melanin.
 

5. Merokok


Sebuah studi pada 2013 didapat dalam Italian Dermatology Online Journal, menunjukkan bahwa perokok dua setengah kali lebih mungkin mulai beruban sebelum usia 30 tahun sebagai bukan perokok. Sebuah studi pada 2015 di Journal of the American Academy of Dermatology juga menunjukkan bahwa merokok terkait dengan rambut putih dini pada pria muda.
 

6. Pewarna rambut kimiawi dan produk rambut


Pewarna rambut kimiawi dan produk rambut, bahkan sampo, dapat menyebabkan rambut beruban prematur. Banyak dari produk ini mengandung bahan berbahaya yang menurunkan melanin.

Hidrogen peroksida, yang terkandung dalam banyak pewarna rambut adalah salah satu bahan kimia berbahaya. Penggunaan produk yang berlebihan sehingga rambut pantai pada akhirnya juga akan menyebabkannya memutih.
(FIR)