BEAUTY

Malas Pakai Skincare? Lakukan Ini untuk Jaga Kesehatan Kulit Wajah

Rendy Renuki H
Rabu 08 Desember 2021 / 14:48
Jakarta: Kesehatan kulit wajah sangat penting untuk diperhatikan, baik bagi perempuan maupun laki-laki. Terlebih bagi yang sudah berusia 27 tahun ke atas karena keriput sudah menanti menempel di wajah.

Merawat kulit wajah sebaiknya dilakukan sejak dini ketika sudah beranjak remaja. Menurut Everyday Health, 90 persen penyebab penuaan dini adalah faktor radiasi sinar matahari dan asap rokok.

Tak banyak remaja yang menyadari akan hal ini, sebab untuk melakukan perawatan wajah sebagai pemula saja mereka cukup kebingungan. Apalagi menentukan produk perawatan wajah yang cocok juga tidak mudah.

Berikut beberapa tips bagaimana perawatan kulit wajah secara umum:

1.  Pilih Facial Wash sebagai Permulaan

Tak sedikit pemula yang takut untuk mencoba memakai produk kecantikan. Kekhawatiran semacam ini sangatlah normal karena para pemula pun takut terhadap efek samping yang akan terjadi.

Mega Putra, pemilik produk perawatan wajah lokal, Aish Skincare menyarankan pada pemula untuk memilih produk dari sabun wajah terlebih dahulu. Sebab, membersihkan wajah menjadi satu hal yang teramat wajib dalam proses merawat wajah.

"Tahapan paling basic atau dasar bagi seseorang yang mulai masuk ke dunia skincare adalah dengan membersihkan kulitnya, setiap hari sebanyak dua kali sehari," katanya.

2. Wajib Hukumnya Memakai Sunscreen

Seperti yang sudah dijelaskan, penuaan dini bisa terjadi akibat paparan sinar matahari. Kamu pastinya tak mau jika di usia muda, wajahmu sudah kendur, muncul keriput, kerutan dan garis halus.


Mega Putra

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan dini adalah dengan rajin memakai tabir surya atau sunscreen dengan SPF tinggi. Bahkan wajib hukumnya untuk me-reapply sunscreen setidaknya setiap dua jam bahkan ketika berada di dalam rumah sekalipun.

"Sinar UVA mampu menembus melalui jendela rumah dan sampai ke kulit kita, sehingga menyebabkan permasalah kulit mulai dari flek hitam, keriput, hingga jerawat dan paling buruk bisa terkena penyakit kronis seperti kanker kulit," jelasnya.

3. Gunakan Serum Jika Dark spot Mulai Muncul

Jika terlambat menyelamatkan kulit dari paparan sinar matahari, salah satu efeknya adalah muncul dark spot atau flek hitam. Hal ini tentunya membuat tak percaya diri.

Dark spot bisa diatasi menggunakan serum khusus yang mengandung mulberry extract sebagai antioksidan dan pencerah kulit yang mengalami hiperpigmentasi serta aman bagi pemilik kulit sensitif.

Sementara untuk membantu meregenerasi kulit selama tidur malam hingga keesokan harinya, sebaiknya menggunakan moisturizer cream.

Sebagai pemilik brand skincare, Mega Putra sangat peduli terhadap kesehatan kulit wajah masyarakat. Selain membantu melalui produk miliknya yang sudah berlisensi BPOM, dia pun kerap membagikan informasi perawatan wajah kepada masyarakat di Instagram @aishskincareid.
(MBM)