BEAUTY

6 Jenis Buah dan Sayur untuk Menyamarkan Tanda Penuaan Kulit

Yuni Yuli Yanti
Selasa 17 Mei 2022 / 09:00
Jakarta: Kebanyakan orang umumnya hanya menggunakan produk perawatan kulit atau skincare untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan kulit. Padahal, perawatan dari dalam tubuh juga sama pentingnya lho untuk mencegah anti-aging. 

Seorang ahli gizi, Anjali Mukerjee, menyebutkan ada beberapa jenis buah dan sayuran kaya nutrisi yang dapat memudarkan kulit kusam serta garis-garis halus dalam unggahan video di akun Instagramnya baru-baru ini. 



Melansir dari HealthShots, berikut keenam buah dan sayur yang dianggap mampu mencegah dan menyamarkan penuaan kulit!
 

1. Kubis

Seperti sayuran silangan lainnya, kubis kaya akan Indole-3-carbinol, yang membantu memperbaiki dominasi estrogen dan memiliki manfaat anti-penuaan yang kuat. Vitamin A dalam kubis, ditambah dengan vitamin D dapat mencegah sel-sel kulit rusak dan melindungi kita dari paparan sinar matahari yang berbahaya.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Wortel

Wortel bermanfaat dalam membantu menurunkan kolesterol, mengurangi risiko kanker dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, beta-karoten dalam wortel, juga diubah menjadi vitamin A oleh tubuh sehingga dapat mencegah tanda-tanda penuaan kulit. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

 

3. Anggur

Buah ini mengandung antioksidan kuat yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel dalam tubuh. Resveratrol, yang berasal dari kulit anggur dapat menghilangkan peradangan dan mampu melawan efek kerusakan akibat sinar matahari.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Bawang

Selain membantu mengencerkan darah dan meningkatkan kolesterol baik, bawang juga kaya akan quercetin yang merupakan agen anti-inflamasi yang kuat. Sama seperti bawang putih, bawang bombay juga memiliki manfaat anti-penuaan yang kuat.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

5. Tomat

Sayuran ini adalah sumber likopen terkaya, antioksidan luar biasa yang membantu melindungi kesehatan otak. Tomat juga memiliki sifat anti-kanker dan anti-penuaan yang kuat.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

6. Bayam

Lutein dalam bayam memiliki sifat anti-penuaan yang kuat dan sangat bagus untuk kesehatan mata. Bayam kaya akan asam folat yang diperlukan untuk perbaikan DNA, yang pada gilirannya memperlambat dapat proses penuaan.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)