BEAUTY

Ini 5 Hal Penting Produk Kecantikan yang Wajib Kamu Cek

Yuni Yuli Yanti
Senin 18 Januari 2021 / 18:57
Jakarta: Berbelanja produk perawatan kulit tergolong gampang-gampang susah. Selain belanja karena sudah mengincar produk yang sedang tren, kamu juga harus teliti karena tidak semua produk kecantikan cocok dengan kulitmu. 

Nah, agar tidak keliru ada lima hal penting yang wajib kamu perhatikan saat memilih produk kecantikan, diantaranya: 
 

1. Bahan 


Semua produk perawatan kulit perlu menunjukkan dan menyebutkan bahan-bahannya. Ini penting dari sudut pandang peraturan pemerintah dan untuk kesehatan penggunanya.

Kamu harus selalu memeriksa apa yang dimasukkan ke dalam produk karena mungkin ada beberapa elemen atau produk sampingan yang dapat menyebabkan alergi atau ruam. 

Pastikan kamu selalu memeriksa bahan-bahan produk di situs resminya sebelum membeli untuk melihat apakah bahan-bahan tersebut benar-benar merupakan unsur yang nyata dan bermanfaat bagi kulitmu.
 

2. Tanggal 


Selalu ingat untuk mengecek pemakaian sebelum tanggal dan tanggal lain tentang pemakaian produk. Penting untuk mengetahui berapa lama produk akan bertahan dan apakah kamu benar-benar akan menggunakannya dalam jangka waktu tersebut. 

Ini juga membantu kamu memilih paket yang lebih kecil atau produk alternatif dengan formula yang sama. Nomor batch, isi bersih dan pilihan daur ulang kemasan produk juga harus disebutkan dengan jelas pada label.
 

3. Baca seluruh info dalam kemasan


Selalu baca semua informasi yang terdapat dalam kemasan. Klaim seperti 'teruji secara dermatologis' atau 'direkomendasikan ahli' bisa jadi tak cocok dengan jenis kulit kamu. Jika benar 'Produk organik' atau 'vegan' cek kembali apakah produk tersebut benar-benar bebas dari bahan kimia atau dibuat hanya dengan bahan-bahan organik.
 

4. Klaim yang tidak mungkin


Kulit lebih putih dalam tujuh hari? Produk arang murni? Paket buah dengan buah asli? Lebih yakin lagi jika masker buatan sendiri dan produk perawatan kulit membantu kulitmu, pilihlah itu. Kamu akan tahu apa yang ada di dalamnya dan kamu tidak perlu khawatir tentang efek sampingnya.
 

5. Merek itu penting 


Produk perawatan kulit cukup rumit untuk dibuat dan dikelola sehingga hanya perusahaan multinasional yang membuat produk tersebut. Merek ternama dan memiliki sejarah panjang dalam membuat produk ini dan cenderung berhati-hati dalam prosesnya. 

Karena pengalaman dan kualitasnya biasanya merek-merek ini memberikan produk terbaik untuk kulit dengan semua keistimewaannya. Oleh karena itu, pilihlah produk yang telah terbukti. Jika masih bingung coba tanya keluarga dan teman untuk brand tersebut.
(TIN)