BEAUTY

6 Kesalahan Memakai Sunscreen yang Perlu Dihindari

Yuni Yuli Yanti
Selasa 04 Januari 2022 / 07:00
Jakarta: Seperti diketahui, sunscreen atau tabir surya adalah produk perawatan kulit yang wajib dipakai sehari-hari. Selain melindungi kulitmu dari paparan radiasi sinar UV untuk mencegah terjadinya kanker kulit, sunscreen juga sudah menjadi kebutuhan lho!

Saat ini kamu juga perlu mengoleskan tabir surya meski hanya beraktivitas di dalam ruangan. Bahkan saat pagi hari dengan cuaca berawan dan dingin sekali pun. Pasalnya, paparan sinar matahari atau sinar blue light dari gadget selama terus menerus dapat membuatmu terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. 

Melansir dari Health Shots, Dr. Ajay Rana, dokter kulit dan kecantikan terkenal di dunia, mengatakan jika kamu sudah rutin menggunakan sunscreen namun kulitmu masih terbakar sinar matahari dan mengalami kerusakan, tanpa sadar mungkin ada yang salah dari cara pemakaiannya.

Ia pun menyebutkan enam kesalahan dalam pemakaian sunscreen yang jarang diketahui, seperti: 
 

1. Pemakaian terlalu tipis (sedikit)

Mengoleskan tabir surya dalam jumlah banyak ke wajah dan tubuh adalah sesuatu yang harus dilakukan secara teratur, terutama untuk melindungi diri kulitmu dari sinar UV dan efek sampingnya. Lapisan sunscreen yang tipis rentan terhapus sehingga perlindungan terhadap sinar matahari pun semakin berkurang.
 

2. Tidak mengoleskan ulang tabir surya

Tabir surya bisa terhapus dengan mudah, karena berkeringat, kontak dengan pakaian, kulit dan air. Untuk memastikan tabir surya memberikan perlindungan yang cukup, pastikan kamu mengoleskannya kembali setiap dua jam. 


(Ingat, jika terlalu tipis mengoleskan sunscreen maka efeknya tidak akan bekerja secara maksimal. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Tidak mengoleskan tabir surya sebelum beraktivitas

Kulit membutuhkan waktu 15 menit hingga setengah jam untuk menyerap tabir surya. Jadi, selalu rencanakan dan terapkan setidaknya 15 menit sebelum beraktivitas. Dan oleskan tabir surya secukupnya.

 

4. Tidak memakai sunscreen sebelum ber make up

Meskipun sebagian besar merek kosmetik telah mengakui pentingnya tabir surya dan telah memperkenalkan perlindungan SPF dalam produk mereka. Namun, sebenarnya konsentrasi sunscreen dari produk make up sangatlah rendah.

Menggunakan tabir surya dalam persiapan sebelum riasan untuk kulit sangatlah penting. Bahkan,pPakar make-up merekomendasikan penggunaan sunscreen berbasis semprotan yang dapat memberimu perlindungan yang cukup terhadap riasan tanpa membuatnya jadi berantakan. 


(Jika kamu memiliki alergi terhadap produk kimia, coba sedikit sunscreen di pergelangan tangan sebelum memakainya di wajah ya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

5. Memakai SPF yang salah

Menggunakan SPF yang benar adalah kuncinya. Ada kesalahpahaman umum bahwa produk sunscreen dengan SPF tinggi memberimu lebih banyak perlindungan. Padahal, belum tentu lho! SPF 30 memblokir hampir 97 persen radiator UVB, sementara SPF 50 memblokir sekitar 98 persen dan SPF 100 memblokir sekitar 99 persen. SPF 30 adalah perlindungan minimum yang dibutuhkan kulit. Sementara, bila kamu lebih banyak beraktivitas di luar ruangan sebaiknya gunakan SPF 50 ATAU SPF 100 ya. 
 

6. Memakai sunscreen yang tidak sesuai dengan jenis kulit

Saat ini, produk tabir surya telah berkembang pesat sehingga tersedia sunscreen yang sesuai dengan setiap jenis kulit. Jika jenis kulitmu berminyak dan tabir surya membuat Anda terlihat berkeringat, pilihlah sunscreen yang matte.

Perlu diketahui, sunscreen terbagi dalam dua kategori: satu adalah kimia (mengandung bahan-bahan seperti octinoxate dan oxybenzone yang bertindak sebagai filter matahari) dan yang kedua adalah fisik (mengandung zinc oksida dan titanium dioksida yang secara fisik melindungi kulit). Sayangnya, beberapa orang memiliki alergi terhadap produk kimia, jadi selalu coba sedikit produk di pergelangan tanganmu sebelum memakainya ke seluruh wajah ya. 
(yyy)