BEAUTY

Perawatan Kulit yang Sebaiknya Mulai Digunakan Pada Usia 30-an

Raka Lestari
Sabtu 27 November 2021 / 15:18
Jakarta: Saat usia masih muda, kamu mungkin belum terlalu memikirkan berbagai macam perawatan kulit yang cukup rumit. Namun seirng bertambahnya usia, sudah saatnya untuk memikirkan beberapa hal yang perlu dilakukan bagi perawatan kulit. Selain itu, kamu juga mulai berpikir untuk mencegah terjadinya penuaan.

"Pada saat kamu mencapai usia 30, pergantian sel kulit dan produksi kolagen mulai melambat," kata Joshua Zeichner, M.D. direktur penelitian kosmetik dan klinis dermatologi di Mount Sinai Hospital.

Hal tersebut bisa membuat kulitmu lebih tipis, kurang elastis, dan lebih rentan terhadap keriput dan garis halus. Berikut ini adalah produk kecantikan yang harus sudah mulai kamu gunakan di usia 30-an menurut dr. Zeichner:
 

1. Retinoid serum


Memasuki usia 30-an adalah saat yang tepat untuk mulai menggunakan retinoid topikal yang membantu merangsang produksi kolagen, kata Zeichner. Hal ini bertujuan untuk menjaga fondasi kulit agar tetap kuat dapat membantu kulit untuk menahan lipatan saat sedang tersenyum atau mengerutkan kening, sehingga mencegah timbulnya keriput.
 

2. Pelembap dengan kandungan SPF


"Malam hari adalah waktunya untuk beristirahat dan memperbaiki kulit, pagi hari merupakan saat yang terbaik untuk menjaga kulit dari paparan lingkungan seperti sinar UV," kata Zeichner.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menamahkan pelembap dan tabir surya ke dalam rutinitas harianmu. Meskipun kamu mungkin tidak terbakar sinar matahari dalam melakukan aktivitas sehari-harinya, sinar UV dalam jumlah kecil secara terus menerus dapat menyebabkan kerutan juga.
 

3. Krim wajah dengan antioksidan


Usia 30-an adalah waktu yang tepat untuk mulai memakai antioksidan ke kulit. Antioksidan seperti alat pemadam kebakaran yang dapat meredakan peradangan dari radikal bebas yang dapat merusak sel kulit dan kolagen. Secara khusus, perhatikan bahan-bahan vitamin C dan vitamin E untuk mengurangi kerutan.
 

4. Body lotion


Setelah umur 30 tahun, kulitmu tidak dapat menahan hidrasi seefisien dulu. Pada usia 30-an ini, sebaiknya kamu mulai menerapkan pelembap ringan ke kulit secara teratur untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

"Lotion ringan yang mudah diaplikasikan tanpa terasa berminyak merupakan pilihan terbaik bagi pasien berusia tiga puluhan," tutup Zeichner.
(FIR)