BEAUTY

Mendadak Berketombe? Stres Bisa Menjadi Salah Satu Penyebabnya

Raka Lestari
Jumat 27 Agustus 2021 / 18:08
Jakarta: Ketombe merupakan keluhan yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Pada umumnya, ketombe tidak membahayakan namun tetap harus diatasi.

Dan, stres bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya ketombe yang kamu alami. Bisa jadi, stres di masa pandemi covid-19 seperti sekarang, juga menyebabkan ketombe.

Penyebab utama ketombe berasal dari kondisi yang disebut dermatitis seboroik. Kulit berubah menjadi berminyak, merah, dan bersisik. Hal ini kemudian akan menyebabkan kulit kepala mengelupas dan terkadang juga bisa menyebabkan rasa gatal.

Menurut dr. Susie Rendra, Sp.KK, FINSDV, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Skin Aesthetic Clinic RS Pondok Indah - Puri Indah menjelaskan bahwa, pada masa pandemi seperti sekarang sangat mungkin untuk menyebabkan kelainan kulit akibat stres yang meningkat.

"Lalu, apakah ketombe yang terjadi karena stres berbeda dengan ketombe pada umumnya? Secara fisik hampir sama, kulit kepala akan bersisik dan kemudian kulit mati akan lepas. Dan ada yang mengalami peradangan, ada yang tidak," ujar dr. Susie dalam Webinar Jaga Kulit Tetap Sehat Selama Pandemi.

"Penampakannya sama saja, tidak ada tanda-tanda khas. Hanya memang yang mesti dilihat apakah dulu sebelum pandemi ada ketombe tidak. Kalau sebelum pandemi tidak ada ketombe, maka penyebabnya bisa karena stres. Kulit kepala yang berkeringat juga bisa menyebabkan ketombe. Untuk itu sebaiknya sering mencuci rambut dengan air dingin," saran dr. Susie.

Lebih lanjut, dr. Susie juga menyebutkan bahwa mengurangi keramas dengan air panas bisa mengurangi ketombe dengan baik. Keringat yang berlebih juga sebaiknya diatasi sehingga tidak menyebabkan ketombe atau bisa mengurangi ketombe yang dialami tersebut.

"Dan jangan lupa juga untuk mengubah kebiasaan sehari-hari. Misalnya cuci rambut dengan benar. Kemudian juga sebaiknya kurangi stres yang dialami. Jangan lupa juga untuk menggunakan sampo anti ketombe. Ini lumayan bisa membantu. Sampo anti ketombe yang mengandung zinc pyrithione dan ketokonazol, ini yang dianggap cukup ampuh untuk mengatasi ketombe," tutup dr. Susie.

Hi Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/OVO @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkedan. Salam hangat.
(FIR)