BEAUTY

5 Cara Mudah Atasi Ketombe Alis

Kumara Anggita
Senin 05 April 2021 / 19:33
Jakarta: Selain kepala, alis juga bisa berketombe. Kondisi ini disebut dengan dermatitis seboroik. Menurut Dr. Steven Shapiro, MD, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Shapiro MD, dermatitis seboroik disebabkan oleh jamur yang disebut malassezia.

"Jumlah malassezia yang berlebihan memecah minyak di kulit, sehingga menyebabkan sel-sel kulit meluruh lebih cepat dari biasanya,” katanya.

Mengutip dari Bustle, masalah ini bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana seperti:

 

Pakai pembersih wajah yang tepat


Nilam Holmes, pendiri Eyebrow Queen merekomendasikan pembersih pengelupasan kulit dengan asam salisilat untuk membantu mencabut pori-pori yang tersumbat. Veronica Tran, ahli alis dan pendiri Pretty in the City juga mengatakan penting untuk menemukan pembersih wajah yang tidak mengeringkan kulit kamu karena dapat menyebabkan lebih banyak ketombe.

Untuk sesuatu yang melembapkan, cari pembersih yang bebas sulfat (yang mengeringkan) dan memiliki bahan reparatif pelindung kulit seperti ceramide dan asam hialuronat.

 

Hindari produk berminyak


Menurut Nilam, kamu perlu hindari produk perawatan kulit yang menyumbat folikel rambut yang biasa ada pada formula berat seperti pomade atau gel alis yang mirip lem. Hindari juga bahan-bahan komedogenik (yang cenderung menyumbat pori-pori) seperti minyak kelapa, cocoa butter, beexwax, dan shea butter.


(Untuk sesuatu yang melembapkan, cari pembersih yang bebas sulfat dan memiliki bahan reparatif pelindung kulit seperti ceramide dan asam hialuronat. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Lembapkan kulit


Untuk mencegah terjadinya ketombe alis, pertahankan agar kulitmu tetap lembap.

“Menyeimbangkan produksi minyak dengan produk itu penting. Pastikan kamu melembabkan melalui alis,” saran Nilam. 

Veronica juga menekankan hal ini dan merekomendasikan melakukannya langsung setelah mandi untuk mengunci kelembapan.
 


Cobalah cuka sari apel


Cuka sari apel adalah bahan yang dapat digunakan dengan berbagai cara termasuk dalam perawatan serpihan alis. “Untuk mengatasi ketombe alis yang sebenarnya, coba gunakan cuka sari apel dengan kapas setiap hari untuk membunuh atau mengurangi jumlah jamur yang ada,” kata Veronica.

 

Gunakan sampo ketombe


Terakhir, gunakan sampo ketombe, ini  dapat membantu mengatasi masalah di tempat-tempat di luar kulit kepala. Nilam menyarankan untuk menggunakan produk dengan bahan-bahan seperti pyrithione zinc, selenium disulfide, dan coal tar, yang semuanya biasanya ditemukan dalam perawatan ketombe dan memerangi dermatitis seboroik.

(yyy)