BEAUTY

5 Cara Menebalkan Rambut

Kumara Anggita
Kamis 07 Januari 2021 / 07:00
Jakarta: Rambut yang tebal dan terawat akan membuat kamu tampil lebih percaya diri. Namun untuk mendapatkannya, kamu tidak bisa diam saja. Kamu perlu untuk memberikan rambut perhatian lebih.

Dinukil dari salah satu yang memengaruhinya adalah makanan. Menurut Michelle Blaisure, spesialis produk dan teknis serta ahli trikologi bersertifikat untuk Bosley Professional Strength, diet penuh lemak sehat sangat penting untuk rambut tebal dan sehat.

Dan, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan supaya rambut tebal:
 

1. Makanan


Makananmu memiliki peran penting dalam pertumbuhan rambutmu. “Sementara genetika menentukan tekstur dan keriting rambut, diet kita berperan dalam bagaimana gen dapat diekspresikan,” kata Blaisure. 

“Pastikan untuk mendapatkan banyak protein berkualitas baik dan lemak baik seperti minyak zaitun dan Omega-3,” lanjutnya.

Ia merekomendasikan makanan seperti salmon, alpukat, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan untuk mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menumbuhkan rambut yang lebih kuat.
 

2. Gunakan shampo dan kondisioner yang tepat


Jenis rambut yang berbeda membutuhkan produk khusus yang memenuhi kebutuhan mereka. Penata rambut senior salon Cutler Jenny Balding mengatakan bahwa mereka yang memiliki rambut halus harus mencari sampo dan kondisioner yang meningkatkan volume untuk meningkatkan tampilan ketebalan dan menambah kilau.

Bagi mereka yang memiliki rambut kasar, Balding menyarankan produk yang menjinakkan rambut kusut dan melembapkan.
 

3. Hindari terlalu sering keramas


Terlalu banyak hal baik juga dapat merusak rambut. Menurut Lucy Flora, stylist di Frédéric Fekkai di SoHo Kota New York, kesalahan nomor satu yang dia lihat dilakukan klien adalah keramas berlebihan.

“Tidak ada yang lebih baik untuk kilau selain minyak alami rambut," kata Flora. Kamu dapat membantu mendistribusikan minyak alami dengan menyisir rambut kamu secara teratur.
 

4. Rawat kulit kepala


Menurut Blaisure, kulit kepala kaya akan mikrobioma bakteri dan jamur yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Jika kamu tidak cukup keramas atau menggunakan pembersih yang keras, itu menyebabkan masalah kulit yang berdampak negatif pada pertumbuhan rambut.

“Kulit memiliki fungsi kekebalan dan merupakan garis pertahanan pertama kita terhadap racun dan penyerang lingkungan. Ketika kulit kepala dikompromikan, kulit kepala tidak bisa mempertahankan dirinya sendiri,” katanya. 

“Menjaga keseimbangan yang sehat antara kelembapan dan minyak alami penting bagi kulit kepala seperti pada wajah kamu,” jelasnya.

Linda de Zeeuw, master stylist di Rob Peetoom di Brooklyn, menyarankan untuk memijat kulit kepala kamu untuk mengaktifkan aliran darah dan menghindari mencuci rambut lebih dari tiga kali seminggu untuk menjaga kesehatan kulit kepala kamu. 

De Zeeuw juga memperingatkan agar tidak menggunakan sampo kering secara berlebihan karena dapat membuat lapisan debu di kulit kepala dan menyumbat folikel rambut, mencegah pertumbuhan rambut baru yang sehat
 

5. Jauhkan alat-alat penata rambut yang panas


“Menjaga penggunaan alat panas seminimal mungkin akan mengurangi kerusakan rambut,” kata Balding. Dia menekankan bahwa jika kamu tidak dapat menjauhkan diri dari alat panas favoritmu, penting untuk menggunakan semprotan pelindung panas.
(TIN)