BEAUTY

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata

Yuni Yuli Yanti
Kamis 06 Januari 2022 / 07:00
Jakarta: Seiring bertambahnya usia, kantung atau bengkak di bawah mata biasanya akan mulai muncul karena jaringan di sekitar mata termasuk beberapa otot yang mendukung kelopak mata melemah.

Lemak yang membantu menyangga mata atau cairan dapat bergerak ke kelopak mata bawah sehingga menyebabkan kantung mata bengkak. Sering kali kulit di sekitar mata juga jadi menghitam. Karenanya, kantung mata bengkak dan menghitam juga sering disebut dengan istilah mata panda.

Nah, untuk menghilangkan kantung mata yang bengkak kamu bisa menggunakan lima bahan alami seperti di bawah ini!

 

1. Mentimun

Seperti kita ketahui, selama bertahun-tahun mentimun digunakan sebagai salah satu cara alami untuk menghilangkan kantung mata. Kandungan ascorbic acid, antioksidan, dan flavonoids di dalamnya mampu mengurangi kemerahan, bengkak, dan iritasi. Kompres mata dengan potongan mentimun yang telah didinginkan sebelumnya. Setelah itu diamkan selama 15 menit. Atau, haluskan mentimun dengan cara di blender agar mampu mencapai ujung bagian dalam mata. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Kentang 

Potongan kentang yang dingin merupakan salah satu cara ampuh menghilangkan kantung mata secara alami. Selain, mampu mengunci suhu dingin lebih lama, kentang juga mengandung astringent yang dapat membantu mengurangi kadar air dari kantung mata. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Lidah buaya

Gel lidah buaya dapat menghilangkan kantung mata karena mengandung vitamin E, vitamin A dan vitamin C yang bermanfaat untuk membantu menutrisi dan memperbaiki kondisi kulit. Kamu hanya perlu mengusapkan gel lidah buaya pada bagian bawah mata, diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas dengan air bersih. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Susu

Mungkin terdengar aneh, tapi susu sering dimanfaatkan untuk mengobati bagian mata yang bengkak dan menggelap. Selain whole milk, kamu juga dapat menggunakan soy milk. Caranya, celupkan kapas ke dalam susu dingin dan peras perlahan. Gunakan untuk mengompres mata selama 10 hingga 15 menit.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

5. Cukup tidur

Salah satu penyebab terjadinya kantung mata adalah kurang tidur. Karena kurang tidur cenderung menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit tipis mata melebar, sehingga menimbulkan warna gelap. Pembuluh darah yang melebar juga menyebabkan penumpukan cairan sehingga terbentuk kantung mata. Oleh sebab itu, kamu perlu cukup tidur untuk mencegah dan menghilangkan kantung mata. Pastikan juga kamu mendapatkan tidur yang berkualitas setiap malam ya. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)
(yyy)