BEAUTY

5 Cara Memilih Tabir Surya yang Tepat untuk Kulitmu

Yuni Yuli Yanti
Senin 25 April 2022 / 09:00
Jakarta: Akibat pemanasan global, saat ini cuaca sangat tidak menentu dan tidak bisa diprediksi. Jika pagi hari cerah dan panas terik di siang hari, kini sore harinya bisa saja hujan deras. Atau sebaliknya, jika pagi hari hujan, bisa jadi siangnya panas terik dengan paparan sinar matahari yang sangat menyengat. 

Untuk itu, kamu perlu perawatan ekstra demi melindungi kulit dari cuaca yang tidak menentu seperti ini. Salah satunya adalah dengan rutin menggunakan sunscreen (tabir surya) untuk membuat melindungi kulit dari sinar UV, iritasi, kulit terbakar, dan masalah kulit lainnya. Bukan cuma itu, tabir surya juga bermanfaat untuk menjaga kulitmu tetap sehat, lembap dan awet muda. 

Nah, supaya enggak salah pakai, berikut ini cara memilih tabir surya yang tepat untuk kulitmu dilansir dari HealthShots!

 

1. Spektrum luas

Semua tabir surya memberikan perlindungan dari sinar UVB yang merupakan alasan utama di balik kulit terbakar dan kanker kulit. Tapi, ada juga sinar UVA yang juga bisa menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini. Sayangnya, tidak semua tabir surya melindungi dari ini. Hanya beberapa tabir surya yang lulus tes dan diizinkan untuk diberi label sebagai 'spektrum luas'. Untuk itu, penting bagi kamu untuk memilih tabir surya dengan klaim memberikan perlindungan spektrum luas (board spectrum). 

 

2. Mengandung SPF

SPF adalah ukuran perlindungan UVB (jumlah energi matahari yang dibutuhkan untuk menyebabkan kerusakan atau terbakar sinar matahari) dari tabir surya. Sebelum membeli, pastikan tabir surya minimal SPF30 atau lebih tinggi. Semakin tinggi angka SPF, semakin baik perlindungan terhadap sinar UVB.


(Ketika kamu mencari SPF pastikan sunscreen tersebut dapat melindungi kulitmu dari sinar biru. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

 

3. Non-White Cast

Tentu kamu menginginkan tabir surya yang tidak membuat wajah jadi lengket, kering dan mengakibatkan bercak putih bukan? Oleh karena itu, pastikan kamu memilih tabir surya yang tidak berkapur, tidak berminyak, dan tidak menyebabkan bercak putih. 


(Penting bagi kamu untuk memilih tabir surya dengan klaim memberikan perlindungan spektrum luas. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Bebas bahan kimia non-komedogenik

Gunakan tabir surya yang dapat membuat kulitmu bernapas. Berbicara tentang bahan kimia, semua tabir surya memiliki bahan kimia. Namun, kamu hanya perlu mewaspadai yang berbahaya seperti Homosalates, Avobenzone, Methylisothiazolinone itu sebaiknya dihindari. 

 

5. Perlindungan cahaya biru

Selain sinar matahari, cahaya biru dari gadget juga sama berbahayanya bagi kesehatan kulit. Karenanya, ketika kamu mencari SPF pastikan sunscreen tersebut dapat melindungi kulitmu dari sinar biru. 
(yyy)