BEAUTY

Ladies, Ini Bahan Aktif dalam Skincare yang Cocok untuk Kulit Kering

Yuni Yuli Yanti
Selasa 28 Juni 2022 / 08:00
Jakarta: Kulit kering merupakan jenis kulit wajah yang hanya sedikit memproduksi minyak alami di kelenjar sebum. Kulit kering tampak halus dengan pori-pori tampak samar karena sedikit sekali minyak yang mengisi pori-pori. Jenis kulit ini juga jarang berjerawat karena hampir tidak ada minyak di wajah yang menjadi tempat bakteri berkembang biak.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa kulit manusia butuh minyak alami untuk menjaga agar kulit tetap lembap dan membentuk skin barrier yang melindungi kulit dari agresor lingkungan. 

Karena minyak alami yang diproduksi oleh kulit jenis ini sangat sedikit, tak heran jika kulit kering terasa tertarik, bersisik, dan sering kali terasa gatal. Walau terlihat halus, saat disentuh kulit akan terasa kasar.

Selain itu, kulit kering juga cenderung terlihat kusam dan tidak glowing karena nyaris tidak memiliki minyak alami di kulit. 


(Kulit kering tampak halus dengan pori-pori tampak samar karena sedikit sekali minyak yang mengisi pori-pori. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Nah, untuk menghindari beberapa masalah kulit kering tersebut, kamu memerlukan produk skincare dengan kandungan bahan aktif khusus merawat kulit kering, seperti yang dikutip dari L'oreal Paris berikut ini:
 

Hyaluronic acid

Bahan produk skincare ini sangat populer beberapa tahun terakhir ini, terutama karena kemampuannya menghidrasi kulit. Hyaluronic acid sebenarnya diproduksi oleh tubuh, namun jumlah semakin berkurang saat usia bertambah. Berupa humektan, hyaluronic acid dapat menahan beban sampai 1.000 kali beratnya sendiri di air. Kemampuannya membuat kandungan skin care untuk kulit kering ini andal untuk menghidrasi lapisan kulit dan permukaan kulit. 
 

Glycerin

Glycerin merupakan humektan dan emolien, yaitu bahan yang mengisi celah dan retakan di permukaan kulit sehingga kulit terasa lembut dan lembap. Karena manfaatnya ini, glycerin terdapat di hampir semua produk skincare, haircare, dan make up, sehingga menjadi bahan pelembap yang paling umum digunakan di dunia kecantikan. Jika dulu glycerin terbuat dari hewan dan fosil, maka sekarang glycerin sudah terbuat dari tumbuhan. 


(Kulit yang kering dan super kering biasanya memiliki skin barrier yang rusak maka butuh skincare yang dapat memperbaikinya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Ceramides

Merupakan asam lemak yang merupakan bagian dari stratum corneum atau yang biasa disebut dengan skin barrier. Ceramides berperan seperti lem yang mengikat sel-sel kulit sehingga skin barrier berfungsi optimal. Kulit yang kering dan super kering biasanya memiliki skin barrier yang tidak berfungsi optimal bahkan rusak, karena itu dibutuhkan produk skincare untuk kulit kering yang mengandung ceramides untuk memperbaikinya. 
 

Petrolatum

Lebih dikenal dalam bentuk petroleum jelly. Bahan skincare ini bersifat oklusif yang sangat efektif mencegah trans-epidermal water loss sampai 98 persen. Namun, teksturnya yang berat dan berminyak cenderung menyumbat pori-pori, sehingga tidak cocok digunakan oleh kulit yang berminyak. Namun untuk kulit kering dan kulit kering sekali, petrolatum sangat membantu untuk menjaga kelembapannya, terutama saat kulit pecah-pecah dan iritasi.
(yyy)