BEAUTY

Rambut Rontok Usai Melahirkan? Ikuti 5 Cara Percepat Proses Pertumbuhannya

Mia Vale
Rabu 22 September 2021 / 17:49
Jakarta: Kerontokan rambut pascamelahirkan adalah kondisi yang benar-benar normal dan sementara. Lantas, apakah akan tumbuh kebali dan kapan? Jawabnya, ya! 

Rambut akan kembali tumbuh setelah beberapa waktu. Dan ada baiknya kamu melakukan perawatan rambut standar, seperti yang telah dipaparkan Mindbodygreen untuk kamu. 
 

Berapa lama rambut rontok bertahan? 


Kerontokan rambut pascamelahirkan terjadi setelah kadar estrogen turun setelah masa kehamilan. Dan memuncak berkisar tiga hingga empat bulan setelah melahirkan, siklus pertumbuhan kamu harus merata sendiri dalam waktu enam sampai 12 bulan. 

Jika sudah setahun penuh dan kamu belum melihat perbaikan apa pun, kamu mungkin ingin mengunjungi spesialis kulit atau rambut untuk memastikan tidak ada kondisi mendasar lain yang terjadi secara bersamaan.


rambut
(Hindari penataan panas setiap hari atau perawatan kimia sementara sampai rambut tak rontok lagi. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

Ini dia solusi rambut rontok!  


Sebagai wanita, keindahan mahkota tentu penting adanya. Kamu juga tidak ingin ada anggapan bahwa setelah melahirkan kemilau cantikmu lantas menghilang, bukan?

Nah, berikut cara untuk merawat rambut agar tumbuh lebih cepat, speerti yang disarankan dokter kulit bersertifikat, Iris Rubin, M.D., pendiri SEEN Hair Care. 

1. Hindari penataan panas setiap hari atau perawatan kimia, setidaknya sampai rambut tidak rontok lagi

2. Pastikan kamu mengonsumsi makan yang mengandung vitamin dan cukup nutrisi, seperti;  vitamin B, folat, zat besi, dan asam lemak omega-3. Semua ini untuk mendukung pertumbuhan rambut usai melahirkan

3. Kelola tidur dan stres sebaik mungkin. Karena saat kita tidur nyenyaklah semua perbaikan kolagen dan aktivitas antioksidan yang mendukung pertumbuhan rambut itu terjadi

4. Hindari gaya rambut yang terlalu ketat. Sanggul, kuda poni, atau kepang yang ketat dapat menyebabkan gesekan dan tarikan, yang dapat menyebabkan masalah kerontokan rambut lainnya

5. Bersikaplah lembut dengan rambut dan kulit kepala. Misal, menyikat rambut dengan keras, keramas terlalu agresif, dan tidur dengan rambut basah kuyup. Itu semua dapat merusak helai rambut

Sekali lagi, rambut rontok pascapersalinan hal yang lumrah. Jadi tidak perlu khawatir. Kamu hanya perlu merawat rambut itu sendiri. Bahkan, bila kamu tidak melakukan apapun, rambut akan kembali tumbuh ke volume normal dengan sendirinya. 
(TIN)