BEAUTY

Ini Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Raka Lestari
Jumat 05 November 2021 / 09:00
Jakarta: Pada wanita yang sedang hamil dan menyusui, memilih skincare sebaiknya tidak boleh sembarangan. Pasalnya, beberapa kandungan yang ada dalam skincare, tidak semuanya bisa digunakan oleh Bumil dan Busui. 

Dr. Arini Widodo, SpKK - Dermatologist mengatakan pada masa kehamilan, kita dapat mengecek pregnancy category dalam skincare. Karena pertimbangan etik, penelitian dengan wanita hamil tidak mungkin dilakukan dan penelitian pada hewan tidak dapat disamakan dengan manusia

"Banyak kandungan dalam skincare yang sampai saat ini tidak dapat dites dan diketahui apakah aman digunakan selama kehamilan. Oleh karena itu, Bumil dan Busui sebaiknya menggunakan skincare seperlunya dan konsultasikan ke dokter kandungan dan dokter anak masing-masing sebelum menggunakan skincare," ujarnya dalam acara peluncuran Face Republic, pada Rabu, 3 November 2021.


(Dr. Arini mengatakan beberapa kandungan yang ada dalam skincare, tidak semuanya bisa digunakan oleh Bumil dan Busui. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Contoh produk yang aman digunakan pada kehamilan di antaranya adalah Vitamin C, niacinamide, hyaluronic acid, glycolic acid. Sedangkan produk yang dihindari selama kehamilan di antaranya adalah Derivat vitamin A (seperti retinol, retinoid), pemutih seperti hydroquinone, serta BHA lebih dari 2 persen.

Wanita hamil atau menyusui direkomendasikan untuk menggunakan physical sunscreen (seperti zinc oxide dan titanium dioxide) ketimbang mineral sunscreen (avobenzone, oxybenzone dan lainnya).

Menurut dr. Arini ada beberapa produk skincare yang aman bagi wanita hamil dan menyusui seperti:
 

Pelembap

Ada berbagai produk yang termasuk dalam kategori ini. Pelembap dapat mengandung bahan oklusif yang menghambat penguapan dan kehilangan air. Secara umum, bahan oklusif yang paling sering digunakan adalah petrolatum, lanolin, minyak mineral, dan turunan silikon. Pelembap tampaknya aman tanpa memiliki efek yang buruk terhadap janin.


(Titanium dioxide dan Zinc oxide terbukti aman digunakan oleh semua orang termasuk Bumil dan Busui. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Sunscreen

Salah satu keluhan yang paling sering selama kehamilan adalah melasma dan hiperpigmentasi yang terjadi terutama pada wajah, yang dipicu atau diperburuk oleh paparan sinar matahari. Nah, tabir surya dapat melindungi kulit dari radiasi UVB dan UVA, mencegah eritema (terbakar sinar matahari), photoaging, dan beberapa jenis kanker kulit.  

Selain itu, ada dua bahan yang telah ditetapkan aman oleh FDA untuk digunakan oleh semua orang yakni Titanium dioxide dan Zinc oxide. Bahan tersebut adalah mineral alami yang secara fisik menghalangi sinar matahari yang berbahaya untuk masuk ke kulit kita.

(yyy)