BEAUTY

Kopi dapat Mengatasi Rambut Rontok, Mitos atau Fakta?

Yuni Yuli Yanti
Senin 24 Januari 2022 / 09:14
Jakarta: Rambut rontok merupakan salah satu masalah rambut yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Berbagai cara telah dicoba untuk mencegah rambut rontok. Mulai dari perawatan dengan produk khusus rambut rontok hingga menggunakan ramuan dari bahan alami. 

Kopi menjadi salah satu bahan yang diklaim bermanfaat merawat dan mencegah rambut rontok. Beberapa waktu lalu, viral di media sosial sebuah video perempuan yang keramas menggunakan kopi yang dicampur ke dalam sampo. Hal ini dilakukan untuk perawatan rambutnya, termasuk untuk mengatasi rambut rontok. Lantas, benarkah ada manfaat kopi untuk rambut, atau hal ini hanya sekedar mitos semata?

Mengutip dari L’Oréal Paris, sejumlah penelitian menunjukkan hubungan antara kafein dan kerontokan rambut, dan hasilnya menyatakan bahwa benar ada manfaat kopi untuk rambut, di antaranya:

 

1. Rambut kembali tumbuh

Pusat Informasi Bioteknologi Nasional Amerika (NCBI) menemukan bahwa kopi secara langsung dapat mengaktifkan sel-sel di folikel rambut dengan melepaskan molekul yang bersifat memerangi DHT. Hal ini membantu mengurangi rambut rontok dan membuat akar rambut menjadi lebih kuat.

Penelitian ini juga menguji efek kafein pada folikel rambut, karena bersifat stimulan kafein dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut yang dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat dan menjadi lebih kuat. Selain itu, kafein juga membantu memperpanjang durasi anagen, yaitu tahap pertumbuhan rambut.


(Kopi secara langsung dapat mengaktifkan sel-sel di folikel rambut. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Tekstur rambut lebih lembut dan berkilau

Manfaat kopi untuk rambut juga dapat dirasakan oleh rambut yang kusam, rapuh, dan kering. Kandungan flavonoid pada kopi bersifat antioksidan yang membantu mendorong terjadinya regenerasi rambut. Sementara, kafein pada kopi bermanfaat untuk mempertahankan kelembapan rambut sehingga menjadi lembut, berkilau, dan tidak mudah rontok akibat patah.


(Kandungan flavonoid pada kopi bersifat antioksidan yang membantu mendorong terjadinya regenerasi rambut. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Mengeksfoliasi kulit kepala

Kopi juga dapat mengeksfoliasi kulit kepala. Scrub rambut yang terbuat dari kopi bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit kepala. Kandungan asam pada kopi juga dapat menyeimbangkan level pH pada rambut dan kulit kepala.


(Scrub rambut yang terbuat dari kopi bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit kepala. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)