BEAUTY

Tips agar Warna Cat Rambut Tidak Cepat Pudar

Raka Lestari
Senin 12 Oktober 2020 / 16:12
Jakarta: Mengecat rambut adalah salah satu perawatan rambut yang cukup sering dilakukan. Akan tetapi, ketika sudah mewarnai rambut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rambut tidak cepat brassy atau pudar.

Menurut Indra Tanudarma, Head of Education L'Oréal Professionnel, pada dasarnya rambut yang diwarnai akan pudar dan menguning perlahan-lahan seiring dengan seringnya frekuensi keramas. Namun, ada hal-hal yang patut diperhatikan untuk menghindari hasil warna rambut cepat kembali pudar atau brassy.

Keramas menggunakan air yang terlalu panas dan terlalu sering

Jika kamu sering melakukan hal tersebut maka warna rambut dapat sepat memudar bahkan hilang. Keramas dengan frekuensi maksimal 2 hari sekali sudah cukup untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih, dan warna tidak cepat hilang tentunya. 

Menggunakan sampo yang kurang tepat

Rambut yang diwarnai pastinya butuh perawatan yang tepat. Jika tidak, maka bisa dipastikan warna rambut akan mudah luntur dan memudar. Sampo yang tepat adalah sampo yang bebas sulfat (sulfate-free). 

Cara mudah bagi kamu untuk mencermati sampo yang mengandung sulfat atau detergen adalah dengan melihat kadar busa ketika keramas. Semakin banyak busa yang muncul, maka semakin banyak pula kandungan sulfat yang berujung pada semakin cepat menghilangkan warna rambut.


(Sampo yang tepat adalah sampo yang bebas sulfat. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Tidak jeli dalam memilih kondisioner

Sama seperti frekuensi keramas, maka kondisioner juga digunakan secara ideal dengan frekuensi 2 hari sekali. Kamu juga harus jeli dalam memilih kondisioner. Dengan menggunakan kondisioner yang tepat, warna rambut kamu tidak akan cepat pudar.

Tidak menggunakan masker rambut 

Merawat rambut secara lengkap pastinya menjadikan kualitas rambut lebih baik, sehingga warna rambut pun tidak cepat pudar. Menggunakan masker rambut yang cocok adalah sebuah keharusan.

Terlalu banyak menggunakan mechanical tools yang terlalu panas (catok)

Kurangi penggunaan alat mekanik seperti alat catok. Jika perlu menggunakannya jangan naikkan suhu catok mencapai lebih dari 160 derajat Celcius. Ketika mencatok atau mengeringkan rambut, gunakan produk anti-humidity agar rambut tidak kering.
(yyy)