BEAUTY

Ini Dia 4 Manfaat Bawang Putih untuk Wajah

Mia Vale
Senin 15 November 2021 / 08:00
Jakarta: Bawang putih sudah tersohor kaya akan manfaat. Bahkan, meskipun bawang putih memiliki bau yang menyengat, ramuan ini direkomendasikan oleh para ahli dalam diet harian. Tapi, tahukah kamu kalau bawang putih juga bisa memberikan manfaat kecantikan kulit?

Ya, bawang putih memiliki manfaat antijamur, antipenuaan, dan menghaluskan kulit. Bawang putih meningkatkan aliran darah yang akan membuat kulit bercahaya alami. Nah, di bawah ini beberapa manfaat dari bawang putih untuk kecantikan, terutama untuk kulit.
 

Menghilangkan komedo 


Komedo putih dan komedo hitam merupakan salah satu masalah kulit yang umum. Terlebih untuk kulit berminyak. Dan untuk mengurangi kemunculannya, tidak perlu repot. Seperti yang dilansir dari India.com, cukup ambil bumbu dapur yang ada dan bikin ramuan ajaibnya. Caranya:

- Ambil 2-3 siung bawang putih dan hancurkan dengan baik. 
- 1 sdt gandum
- 2 tetes minyak pohon teh 
- Sedikit madu 
- 1 sdt jus lemon

Campur semua bahan dengan baik dan oleskan pada area yang terkena. Setelah beberapa menit, kelupas kulit dengan lembut dengan pasta ini dan bilas dengan air hangat. Gunakan tiga kali seminggu dan perbedaannya.


manfaat bawang putih
(Selain allicin, manfaat bawang putih untuk jerawat disebut-sebut berasal dari berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.Misalnya, vitamin C, vitamin B6, selenium, tembaga, dan zinc (yang dapat mengendalikan produksi minyak berlebih), yang dipercaya dapat melawan jerawat. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

Menghilangkan jerawat membandel 


Berkat sifat antijamur dan anti-inflamasinya, bawang putih bisa untuk menghilangkan jerawat, loh. Caranya, potong bawang putih dan berikan sedikit tekanan sehingga mengeluarkan cairan. Lalu oleskan cairan itu pada kulit yang berjerawat.

Biarkan selama lima menit. Bilas dengan air dingin. Pembengkakan dan kemerahan telah berkurang setelah menggunakan obat ini. 
 

Meminimalkan pori-pori yang membesar 


Ini masalah umum pada kulit yang menua. Tetapi dengan menggunakan bawang putih kamu bisa  mengucapkan selamat tinggal pada pori-pori yang membesar. 

Untuk membuat masker wajah ini, gunakan blender, buat pasta dari 1/2 buah tomat dan 4 buah bawang putih. Oleskan pasta tomat dan bawang putih ini ke seluruh wajah.

Setelah 20 menit, bilas dengan air hangat dan akhiri dengan memercikkan air dingin ke wajah sebelum mengeringkannya. Masker wajah ini akan mengencangkan kulit Anda dan mengecilkan pori-pori.
 

Dapat menunda penuaan 


Penuaan kulit terjadi karena stres, kebiasaan tidak sehat, peradangan, gen, dan lainnya. Menurut laman Stylecraze, S-allyl cysteine, ditemukan dalam bawang putih di mana dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan kerutan. 

Antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang ada dalam bawang putih membantu mengais radikal oksigen sehingga mengurangi stres. Cara menggunakannya, konsumsi satu siung bawang putih dengan madu dan lemon pada pagi hari. 

Nah, cukup mudah cara membuatnya kan? Enggak perlu perawatan yang ribet dan mahal, bahan yang ada di rumah pun bisa bikin kulit kamu kinclong dan sehat.
(TIN)