BEAUTY

Alasan 'Menepuk' Wajah Penting untuk Diterapkan dalam Rutinitas Kecantikan Wajah

Kumara Anggita
Sabtu 17 April 2021 / 08:11
Jakarta: Salah satu teknik perawatan wajah yang perlu kamu ketahui adalah ‘patting’ atau menepuk. Gerakan sederhana ini bisa membantu produk menyerap ke kulit dengan lebih optimal.

Mengutip dari Stylist, teknik menepuk kulit sudah ada sejak sekitar tahun 1320 di Asia. Teknik ini asalnya dikenal sebagai bentuk pijatan yang dinamakan anma.

Guru perawatan kulit, Chizu Saeki juga mengklaim dalam bukunya The Japanese Skincare Revolution bahwa, metode ini merangsang aliran darah untuk membantu peremajaan sel, membantu drainase limfatik, dan yang terpenting mengencangkan otot.
 

Jadi, apa sebenarnya 'menepuk' itu dan apa fungsinya?


“Daripada menggosokkan produk ke kulitmu, tepukan memungkinkan formula diserap sepenuhnya,” kata Amanne Sharif, communications manager at Japanese skincare brand DHC.

Manfaat menepuk lebih dari menggosok lebih jauh daripada distribusi produk yang efisien. Menepuk meningkatkan sirkulasi dan membuat darah bergerak di sekitar wajah.

"Ini hanya akan membantu membuat kulitmu lebih cerah dan tidak terlalu lelah,” lanjutnya.

Beberapa ahli perawatan kulit mengatakan bahwa menggunakan jenis gerakan ini dapat menyebabkan stres pada lapisan kulit yang halus, dan dapat menyebabkan trauma ringan, menampakkan dirinya dalam bentuk kapiler, bintik, dan iritasi yang pecah.

“Saya tidak akan pernah menyarankan menggosok karena kedengarannya sangat kasar. Untuk sesuatu seperti pembersih busa, maka terapkan teknik pijat melingkar yang lembut baik-baik saja,” ujar Amanne.

“Ini tentang menjadi sangat berhati-hati dan lembut dengan kulit. Misalnya kamu tidak boleh menggosok area halus di sekitar mata. Kulit kelopak mata kamu adalah yang paling tipis di mana pun di tubuh. Kamu tidak ingin meregangkan atau menyebabkan trauma apa pun di area itu,” katanya.

Jadi, lembutlah pada kulitmu. Tepukkan jarimu ke kulit wajah dan produk mudah-mudahan akan bekerja lebih optimal.
(FIR)