BEAUTY

7 Kesalahan Make Up yang Paling Sering Dilakukan Pemula

Sandra Odilifia
Senin 30 November 2020 / 15:22
Jakarta: Beauty lovers, selain menutupi kekurangan pada wajah, make up juga menunjukkan selera pribadi dan menunjang penampilan kamu lho! Namun tampaknya, ini bukan hal mudah bagi kamu yang baru bereksperimen dan mencoba-coba riasan.

Teknik riasan yang salah akan membuat kamu terlihat seperti amatir. Melansir All Womens Talk, berikut tujuh kesalahan make up yang paling sering dilakukan pemula, diantaranya: 

1. Tidak merawat kulit dengan benar

Kesalahan pemula yang paling umum adalah terlalu fokus pada riasan, sehingga mengabaikan dasar perawatan wajah seperti membersihkan noda dan melembapkan kulit. Padahal jika kulit kamu sehat, tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan hasil riasan terbaik. 

2. Memperhatikan kompleksi kamu

Mengaplikasikan blush on ke berbagai area wajah seperti pipi, batang hidung, dagu, dan dahi dapat membuat kamu lebih cantik. Tetapi, jika tidak dilakukan dengan benar, justru akan membuatmu terlihat berlebihan dan aneh. Jadi, pastikan kamu mengaplikasikan blush on dengan ringan di ruangan bercahaya agar ronanya terlihat pas.

(Gunakan concealer dengan hati-hati karena jika mengaplikasikan terlalu banyak akan menyebabkan kulitmu terlihat pucat, kusam dan berlapis-lapis. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Menggunakan concealer seperti foundation

Mungkin kamu memiliki banyak area masalah yang perlu disembunyikan, tetapi jika kamu menutupi sebagian besar wajahmu dengan concealer, itu adalah kesalahan kecantikan amatir yang perlu kamu hindari.

Gunakan concealer dengan hati-hati karena jika mengaplikasikan terlalu banyak akan menyebabkan kulitmu terlihat pucat, kusam dan berlapis-lapis. Selain itu, hal ini juga dapat membuat perbedaan antara kulit yang tidak rata atau bernoda. 

4. Smokey eye menakutkan

Smokey eyes dapat memberi kesan seksi dan cantik. Riasan mata ini terlihat cukup mudah saat orang lain membuatnya, namun ketika kamu menirunya dengan kurang berhati-hati ini dapat membuat tampilan mata kamu jadi menyeramkan.

Gunakan warna eyeshadow yang bertingkat dan tambahkan lebih banyak warna jika perlu. Ingatlah untuk tidak menumpuk bayangan gelap secara sekaligus ya!

5. Terlalu banyak menggunakan produk bibir

Terkadang pemula sangat khawatir tentang lipstik yang memudar sehingga terus-menerus mengoleskan kembali gloss atau lipstik pada bibir. Adapula yang memakai teknik ombre lips dengan berbagai macam lipstik. Padahal itu tidak bagus karena membuat bibir kamu terlihat tidak rata dan berat.

(Agar smokey eyes tidak menaktukan gunakan warna eyeshadow yang bertingkat dan tambahkan lebih banyak warna jika perlu. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

6. Memakai terlalu banyak eyeliner

Sama halnya seperti smokey eyes yang menakutkan, memakai terlalu banyak eyeliner juga bisa terlihat sedikit mengintimidasi atau kamu berisiko terlihat seperti panda. 

7. Warna di luar garis bibir

Memakai lip liner di luar garis bibir alami kamu terkadang dapat memberikan tampilan bibir yang lebih penuh. Namun jika tak dilakukan dengan benar, ini seringkali membuat pemula terlihat sedikit Joker-ish atau terlalu berlebihan.

Jika kamu ingin bibirmu terlihat lebih penuh atau lebih besar, aplikasikan sedikit highlighter ke bagian tengah bibir atas dan bawah.  

Nah, untuk mendapatkan hasil riasan terbaik, hindari tujuh kesalahan itu ya!
(yyy)