BEAUTY

8 Penyebab Bercak Gelap pada Leher

Yuni Yuli Yanti
Sabtu 15 Januari 2022 / 09:00
Jakarta: Bercak gelap atau pigmentasi di sekitar leher tak selalu disebabkan karena kebersihan yang kurang terjaga. Juga, bukan sesuatu yang selalu dapat disembuhkan dengan pengobatan rumahan.

Sebenarnya, untuk menghilangkan kondisi ini, kamu harus tahu akan akar penyebabnya. Untuk itu, kamu membutuhkan dokter kulit yang bisa menjelaskan dengan baik tentang leher yang gelap dan cara menghilangkannya.

Baru-baru ini, dokter kulit populer Dr Jaishree Sharad, membagikan postingan di Instagram tentang penyebab leher gelap, di antaranya:

 

1. Genetika

Kulit gelap di sekitar leher bisa disebabkan oleh kelainan yang disebut Acanthosis Nigricans. Ini adalah suatu kondisi yang ditandai dengan area gelap,  hiperpigmentasi seperti beludru pada kulit. Kondisi ini bisa turun-temurun (diwariskan kepada anak oleh orang tuanya) atau bagian dari sindrom genetik.
 

2. Obesitas

Obesitas dan gangguan endokrin adalah penyebab umum penggelapan kulit terutama di leher dan ketiak.
 

3. Resistensi insulin

Leher yang gelap adalah tanda kamu memiliki terlalu banyak insulin dalam darah. Jika kamu melihat gejala apa pun, penting untuk menguji gula darah dan segera konsultasikan ke dokter.


(Obesitas bisa menjadi salah satu penyebab warna leher lebih gelap. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

4. PCOS

Wanita dengan sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) memiliki kadar hormon insulin yang lebih tinggi dalam darah mereka. Tingkat insulin yang lebih tinggi terkadang dapat menyebabkan bercak-bercak kulit gelap di bagian belakang leher, di bawah lengan, dan di daerah selangkangan.
 

5. Diabetes

Bercak-bercak gelap pada kulit di bagian belakang leher sering kali menjadi tanda pradiabetes.

 

6. Hipotiroidisme

Kondisi Acanthosis Nigricans yang menyebabkan bercak hitam biasanya dikaitkan dengan kondisi medis seperti tiroid atau penambahan berat badan. Kondisi ini dapat menyebabkan penggelapan kulit.


(Bercak hitam pada leher juga bisa terjadi karena alergi terhada produk pewarna rambut. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

7. Alergi terhadap parfum atau pewarna rambut

Kamu bisa alergi terhadap beberapa produk jadi sebelum menggunakan produk apa pun pastikan selalu mengoleskan produk baru ke area kecil atau tambalan uji terlebih dahulu dan tunggu setidaknya 24 jam untuk memastikan mereka tidak alergi pada kulitmu. 

 

8. Kondisi seperti lichen planus pigmentosus

Lichen planus pigmentosus (LPP) adalah gangguan pigmentasi kronis yang menunjukkan hiperpigmentasi difus atau retikulat, makula coklat tua pada area yang terpapar sinar matahari seperti wajah, leher, dan lipatan fleksural lainnya.
(yyy)