BEAUTY

3 Penyebab Rambut Kerap Lepek dan Berminyak

Kumara Anggita
Jumat 12 Februari 2021 / 09:09
Jakarta: Rambut lepek walaupun sudah dikeramas menjadi masalah yang suka dialami sejumlah orang. Kondisi ini terjadi mungkin karena beberapa alasan.

Dikutip dari Healthline, minyak di rambut adalah bagian dari sistem pertahanan tubuhmu untuk kulit kepala yang sensitif. Minyak ini bercampur dengan keringat dan kotoran, melapisi kulit kepalamu. Ini adalah kondisi yang normal dan sebagian besar tidak dapat dihindari.

Beberapa hal bisa membuat rambut semakin berminyak seperti:
 

1. Terlalu sering dicuci


Salah satu penyebab rambut berminyak yang tidak terduga adalah mencuci rambut secara berlebihan. Setiap kali kamu mencuci rambut dengan sampo, produk ini mengirimkan sinyal ke kulit kepala untuk memproduksi lebih banyak sebum.

Jika kamu terlalu sering mencuci rambut, kulit kepalamu mendapat pesan bahwa ia perlu melakukan produksi minyak secara berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepalamu.
 

2. Tipe rambut


Rambut lurus sangat rentan mengumpulkan minyak. Itu karena batang rambut tidak memiliki tekstur atau bergelombang, sehingga minyak meluncur lurus ke bawah batang rambut dan terkumpul di seluruh kepalamu. Itu juga membuat minyak di rambutmu jadi lebih terlihat saat rambut digantung lurus ke bawah.
 

3. Produk


Penyebab lain rambut berminyak adalah karena jenis produk yang kamu gunakan. Membilas rambut hanya dengan air atau melewatkan langkah sampo dan hanya menggunakan kondisioner dapat membuat minyak menumpuk. Minyak ini akan segera tampak berminyak hanya dalam beberapa jam kemudian.

Merawat rambut dengan mencucinya dengan benar membantumu untuk mencuci kulit kepala. Kamu juga bisa menggunakan produk sampo baru untuk membersihkan minyak dan memberi rambut awal yang baru.
(FIR)