BEAUTY

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kulit Lebih Cepat Menua

Mia Vale
Minggu 09 Januari 2022 / 11:00
Jakarta: Penuaan kulit memang proses alamiah yang terjadi seiring bertambahnya usia. Namun begitu, tanpa kita sadari, ada beberapa kebiasaan yang dapat membuat kamu terlihat lebih cepat tua dari usia seharusnya. Jadi, cobalah untuk menghindari kebisaan tersebut untuk mendapatkan kulit sehat dan bercahaya. 

Selain itu, mengonsumsi makanan atau minuman juga bisa mengancam kondisi kesehatan kulit kamu. Dengan kata lain, gaya hidup sehat sangat penting untuk kesehatan kulit. 

Tidak hanya dapat membuat hidup lebih lama tetapi juga membuat kamu terlihat lebih muda. Seperti dilansir dari laman News18, berikut beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat kulit kamu terlihat lebih tua.
 

1. Merokok 


Sudah menjadi fakta yang diketahui bahwa merokok memengaruhi semua organ tubuh. Tapi ternyata, ada efek samping yang kurang umum yakni mempercepat proses penuaan normal pada kulit, yang mengakibatkan kerutan dini. 

Merokok meningkatkan peradangan dalam tubuh yang dengan demikian merusak protein kolagen dan elastin kulit, sehingga membuat kulit kendur dan berkerut di usia dini. 
 

2. Stres 


Selain menyebabkan insomnia, depresi, kecemasan, bahkan Alzheimer, stres juga dapat mempercepat proses penuaan. Stres menyebabkan peradangan dalam tubuh, yang merusak berbagai bagian tubuh termasuk serat kulit. Hal ini membuat kulit tampak kusam dan tak bernyawa. Stres juga merusak struktur sel tubuh, yang menyebabkan penuaan dini sel. 


kebiasaan yang bikin kulit jadi lebih tua
(Dalam banyak literatur disebutkan, alkohol dapat membuat kulit menjadi cepat tua, karena alkohol akan menghabiskan vitamin A dan C dalam tubuh. Mineral dalam tubuh yang berperan untuk melawan proses penuaan juga akan habis ketika kamu meminum minuman beralkohol. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

3. Alkohol 


Konsumsi alkohol tidak hanya meningkatkan kadar trigliserida dalam tubuh, halus, dan kerutan pada usia dini. Konsumsi alkohol membuat tanda-tanda penuaan ini semakin dalam seiring waktu. 

Alkohol menyebabkan dehidrasi dalam tubuh dan juga menguras vitamin A, yang penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan awet muda. Alkohol membuat kulit kering, sehingga membuatnya tampak kusam dan tak bernyawa. 
 

4. Paparan sinar matahari 


Paparan kulit yang terus menerus terhadap sinar ultraviolet matahari dapat merusak serat elastis kulit. Serat elastis kulit membantu kulit tetap kencang. 

Ketika mereka rusak, kulit mulai keriput dan kendur. Paparan sinar matahari terus menerus juga menyebabkan bintik-bintik penuaan (atau disebut bintik hitam) di wajah, tangan, dan area lain yang terpapar sinar matahari. Oleskan tabir surya di tangan dan wajah sebelum melangkah keluar di bawah sinar matahari. 
 

5. Kurang tidur 


Kurang tidur terus menerus tidak hanya dapat menyebabkan lingkaran hitam pada mata, tetapi juga tanda-tanda penuaan lainnya seperti bintik hitam dan garis-garis halus, jauh lebih awal dari yang diperkirakan. 

Kurang tidur tidak hanya menyebabkan penuaan kulit dini tetapi juga menurunkan kemampuan kulit untuk melawan sinar matahari yang berbahaya. Seseorang harus tidur setidaknya tujuh jam sehari untuk menjaga tubuh tetap sehat
 

6. Kurang olahraga 


Berolahraga secara teratur meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga membuat kulit tampak bercahaya. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga teratur membantu orang menua secara perlahan dan menjalani kehidupan yang lebih sehat dan energik. 

Studi di University of Birmingham, Inggris, menyimpulkan bahwa orang yang berolahraga secara teratur menunjukkan tanda-tanda penuaan yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak. 
(TIN)