BEAUTY

Ini Saran Ahli terkait Kandungan SPF yang Efektif

Raka Lestari
Sabtu 06 November 2021 / 12:12
Jakarta: SPF atau Sun Protection Factor merupakan salah sau faktor yang biasanya dipertimbangkan ketika akan memilih sunscreen. Para ahli pada umumnya merekomendasikan kandungan SPF 30 atau lebih jika kamu menghabiskan waktu cukup banyak terkena matahari langsung. Namun sebenarnya, berapa kandungan SPF yang dibutuhkan untuk melindungi kulit?

"Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi, yang memiliki perlindungan 'spektrum luas' atau 'broad spectrum' dan tahan air (water resistant). SPF atau sunprotection factor merupakan gambaran perlindungan terhadap sinar UVB yang menyebabkan sunburn," jelas dr. Arini Widodo, SpKK - Dermatologist.

SPF 30, menurut dr. Arini, melindungi 97 persen terhadap UVB. Sedangkan SPF 50 sebanyak 98 persen.

"Semua tabir surya diuji untuk mengukur jumlah paparan radiasi UV yang diperlukan untuk menyebabkan kulit terbakar saat menggunakan tabir surya, dibandingkan dengan seberapa banyak paparan sinar UV yang diperlukan untuk menyebabkan kulit terbakar saat tidak menggunakan tabir surya," kata dr. Arini.

Produk tersebut kemudian diberi label dengan nilai SPF yang sesuai. Nilai SPF yang lebih tinggi memberikan perlindungan lebih tinggi terhadap sunburn.

"Karena nilai SPF ditentukan dari tes yang mengukur perlindungan terhadap sengatan matahari yang disebabkan oleh radiasi UVB, nilai SPF hanya menunjukkan perlindungan terhadap UVB. Sedangkan tabir surya yang berlabel "Spektrum Luas" menunjukkan perlindungan terhadap radiasi UVA," tambah dr. Arini.

Secara sederhana, rekomendasi dari Persatuan Dokter Spesialis Kulit Indonesia (PERDOSKI) untuk kulit Indonesia:
 

SPF 30 atau lebih


SPF merupakan indikasi seberapa baik tabir surya dapat mencegah sunburn.
 

Broad spectrum


Pilih tabir surya dengan broad spectrum atau tabir surya yang mengandung SPF (yang dapat melindungi kulit dari sinar UVB) dan PA (yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA). PA yang direkomendasikan minimal PA++.
 

Water resistant


Pilihlah tabir surya yang bersifat water resistant (selama 40 menit), atau very water resistant (selama 60 menit).  

“Perlu diingat juga bahwa jumlah sunscreen yang diaplikasikan dan pemakian ulang tiap 2-3 jam juga sangat penting dalam perlindungan optimal terhadap sinar UV,” tutup dr. Arini.
(FIR)