BEAUTY

4 Cara Tetap Terhidrasi dan Cantik Saat Puasa

Kumara Anggita
Senin 19 April 2021 / 10:00
Jakarta: Puasa membuat kamu tidak mengonsumsi makanan ataupun cairan dalam waktu kurang lebih 12 jam. Selain lapar dan haus, hal ini tentunya akan memengaruhi tampilan kulitmu juga. 

Tapi ada cara untuk menjaga kesegaran dan kecantikan kulit di masa puasa. Beberapa perawatan kecantikan bisa kamu terapkan secara sederhana dan bisa kamu lakukan di rumah. 

Sociolla membagikan resep yang bisa dijadikan inspirasi bagi para beauty lovers untuk mendapatkan tampilan kulit cantik dan sehat selama menjalani ibadah di bulan Ramadan.
 

1. Sun care sebagai senjata utama 


Meskipun sebagian besar kegiatan masih dilakukan di rumah, bukan berarti kulit terlindung dari paparan sinar matahari. Karena itu, perlindungan kulit dari dampak buruk sinar UV sangat diperlukan dalam keseharian. 

Menurut Nurul Sulisto, Head of Brand Innovation Social Bella Indonesia untuk mendapatkan kulit yang sehat penting untuk mengaplikasikan sunscreen secara rutin. 

Pilih produk sunscreen yang tepat untuk melindungi kulit tropis dari dampak buruk sinar matahari seperti Carasun yang mengandung SPF 45/ PA++++.


hidrasi
(Penting untuk menjaga kelembapan kulit kamu setiap hari. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

2. Konsistensi setiap hari


Kunci penting lainnya yang tak boleh ketinggalan adalah konsistensi dalam melakukan beauty care setiap hari. Selayaknya asupan nutrisi untuk tubuh, kulit juga memerlukan asupan kandungan baik yang dilakukan secara rutin untuk menjaga kelembapan dan kesehatannya.

Nurul Sulisto, merekomendasikan make up brand asal Korea Selatan yang mengusung konsep clean beauty dengan minimal ingredient yang sesuai dengan untuk kulit sensitif sekalipun.
 

3. Hidrasi kulit dengan kandungan tepat


Setiap orang memiliki karakteristik kulit yang berbeda, mulai dari sensitif, kering, berminyak hingga kombinasi. Nurul Sulisto mengungkapkan ada beberapa jenis kandungan pada skin care yang memiliki kadar kelembapan terbaik yang cocok digunakan untuk menghidrasi kulit ketika berpuasa. 

“Beberapa kandungan seperti Glycerin, Ceramide, Urea, Hyaluronic Acid, lactic Acid dan Petrolatum memiliki daya kelembapan yang baik bagi kulit. Masing-masing kandungan ini memiliki manfaat yang berbeda yang mana bisa disesuaikan dengan karakteristik kulit pengguna,” jelas Nurul.

Misalnya bagi pengguna yang ingin mengatasi masalah kulit pecah-pecah karena kering, termasuk area bibir kandungan petrolatum dapat menjadi pilihan tepat. Teksturnya yang padat dapat menciptakan lapisan pelindung sehingga mengurangi masalah kehilangan kadar air pada kulit.
 

4. Jaga kelembapan kulit dengan masker 


Tidak seperti kulit di area tubuh lainnya, kulit area wajah biasanya cenderung memerlukan perawatan lebih teliti. Dengan kadar kelembapan serta tekstur yang berbeda, kulit wajah cenderung lebih sensitif. 

Untuk menjaganya tetap terhidrasi dengan baik, penggunaan masker wajah yang mengandung dua komposisi utama hydrating dan moisturizing dapat menjadi pilihan.

Beberapa contoh masker bisa menjadi pilihan antara lain seperti Mediheal NMF Essential Sheet Mask dan Ariul Watermelon Hydro Glow Sleeping Mask. Dengan menerapkan ini, mudah-mudahan kulitmu tetap segar dan cantik sampai buka puasa. Selamat berpuasa ya!
(TIN)