BEAUTY

5 Bagian Tubuh yang Sering Dilupakan saat Menggunakan Tabir Surya

Raka Lestari
Rabu 08 September 2021 / 07:00
Jakarta: Seperti diketahui, tabir surya wajib digunakan sebelum kita keluar rumah untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Pasalnya, sinar ultraviolet dari matahari adalah penyebab utama kanker kulit. 

Dokter percaya bahwa orang dapat menghindari sebagian besar kanker kulit dengan mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri dari kerusakan sel yang disebabkan oleh sinar ini.

Salah satunya dengan menggunakan tabir surya. Namun, ada beberapa bagian tubuh penting yang sering kita lewatkan. Menurut dokter kulit Jennifer Lucas, MD, kelima area tersebut adalah:
 

Telinga 

Menurut Skin Cancer Foundation, penelitian menemukan bahwa telinga adalah lokasi paling umum ketiga untuk kanker kulit. Kanker kulit dapat terjadi pada setiap bagian dari telinga, termasuk conchal bowl (bagian tengah telinga), area yang relatif terlindung dari sinar matahari.
 

Kelopak mata

Cara terbaik untuk melindungi kelopak mata adalah dengan memakai kacamata hitam. “Tetapi jika kamu ingin mencoba untuk menghindari garis cokelat di wajah, gunakan krim mata yang mengandung SPF, stik tabir surya, serta tabir surya mineral dengan kandungan titanium dioksida atau seng oksida,” kata Dr Lucas.


(Tabir surya wajib digunakan sebelum kita keluar rumah untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Bibir

Sebuah lip balm yang mengandung SPF akan melindungi bibir dari radiasi sinar UV. Pastikan untuk mengaplikasikan kembali lip balm setiap habis makan atau minum. Kanker kulit bibir paling sering terjadi pada pria berkulit putih yang lebih tua dari usia 50 tahun. Bibir bawah sekitar 12 kali lebih mungkin terkena karena paparan sinar matahari yang lebih besar.
 

Bagian atas kaki

Lapisan tebal sel kulit mati melindungi telapak kaki kita dari sinar ultraviolet matahari. Tetapi, sisi lain dari kaki akan menghadap matahari secara langsung saat kita mengenakan sandal jepit dan sepatu kulit lainnya. Itu membuat daerah ini sangat rentan terhadap sinar matahari.
 

Kulit kepala

Rambut hanya memberikan perlindungan kecil dalam melawan cahaya sinar UV. Kulit kepala, terutama jika botak akan menghadap langsung ke matahari, seperti bagian atas kaki. Jika tidak ingin memakai topi, pastikan untuk memakai tabir surya.

“Ini mungkin membuat rambut berminyak, tetapi kamu membutuhkan lapisan penutup yang benar-benar menyentuh kuli. Kamu mungkin bisa menggunakan tabir surya berbasis gel untuk menutupi dan melindungi area ini dengan lebih efektif," saran dr. Lucas.



Hi Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/OVO @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
(yyy)