BEAUTY

5 Perawatan Muka yang Tetap Harus Dilakukan Walau di Rumah Saja

Kumara Anggita
Minggu 25 Juli 2021 / 11:00
Jakarta: Walaupun kamu masih di rumah saja, beberapa perawatan muka masih perlu secara rutin diterapkan supaya kulit kamu tetap sehat dan tidak kusam. Kira-kira apa saja itu?

Mengutip dari Preview, ada lima perawatan kulit rutin yang perlu kamu lakukan selama masa di rumah saja ini seperti di bawah ini:
 

Langkah 1: Mencuci muka


Tidak memakai riasan tidak cukup untuk melawan jerawat dari rumah. Rutinitas pembersihan kamu harus tetap tepat sasaran, jadi carilah pembersih wajah lembut tanpa pengelupasan yang sesuai dengan jenis kulit kamu untuk digunakan sebelum dan sesudah hari WFH. 

Jika kamu memakai riasan untuk panggilan konferensi video, lakukan pembersihan ganda cepat dengan micellar water atau minyak pembersih di malam hari diikuti dengan pembersih biasa untuk pencucian menyeluruh.
 

Langkah 2: Pakai toner + eksfoliasi


Kamu tentunya ingin menjaga rutinitas perawatan kulit pagi kamu secepat dan seefisien mungkin. Toner pengelupas, misalnya, dapat membantu kamu menggabungkan dua langkah perawatan kulit menjadi satu. 

Ini akan menyeimbangkan tingkat pH kulit kamu saat bekerja sehingga kamu tidak terlalu rentan terhadap iritasi dan menggunakan exfoliant kimiawi untuk menghilangkan sel kulit mati, yang bisa berubah menjadi jerawat dan bintik hitam.


perawatan
(Perawatan kulit dasar tetap diperlukan agar kulit wajah kamu sehat dan terawat walau di rumah saja. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Langkah 3: Rawat


Kita mungkin (sebagian besar) aman dari sinar UV di dalam ruangan, tetapi ketika menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar, kita berurusan dengan monster tak terlihat lainnya yaitu cahaya biru. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa selain ketegangan mata dan mengganggu siklus tidur, cahaya biru dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada wajah. Untungnya, mencegahnya mudah. 

Kamu bisa pakai serum dengan perlindungan antioksidan seperti vitamin C dan bahan pencerah seperti niacinamide yang juga membantu memudarkan bintik hitam.
 

Langkah 4: Lembapkan


Jika kulit kamu masih terasa kering setelah serum kamu atau Anda berada di ruangan ber-AC, lanjutkan dan oleskan lapisan tipis pelembap favorit kamu untuk hidrasi ekstra. Tetapi jika kamu merasa kulit kamu tidak membutuhkan lapisan tambahan itu, lanjutkan ke langkah berikutnya saja yaitu tabir surya.
 

Langkah 5: Lindungi


Hanya karena kamu berada di dalam ruangan, bukan berarti kamu 100 persen terlindungi dari matahari. Sinar UVA yang berbahaya, misalnya, masih dapat menembus kaca jendela di rumah kamu dan terus menimbulkan kerusakan pada kulit. 

Jadi untuk mengakhiri rutinitas perawatan kulit kamu, kenakan tabir surya dengan setidaknya SPF 30 setiap hari. Beberapa formula juga akan membantu melindungi kulit kamu dari cahaya biru. Tabir surya berbahan besi oksida menghalangi cahaya tampak, sementara produk yang mengandung vitamin C dapat mencegah kerusakan ekstra.
(TIN)