BEAUTY

3 Hal yang Jangan Dilakukan Sehabis Lulur

Kumara Anggita
Sabtu 15 Mei 2021 / 09:00
Jakarta: Lulur atau scrub kulit memang akan memberikan tampilan baru pada kulitmu. Ini bisa mengangkat sel kulit mati, mencegah rambut tumbuh ke dalam, menghaluskan kulit dan masih banyak lagi.

Namun, perlu diingat bahwa menggunakannya secara berlebihan menyebabkan kulit kering. Karena itu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan setelah menerapkan lulur pada kulitmu.

Dikutip dari Healthline, dokter kulit bersertifikat dan ahli estetika Kavita Mariwalla, MD, FAAD merekomendasikan penggunaan losion segera setelah eksfoliasi untuk mengunci kelembapan dan menghindari iritasi kulit. 

Ini karena menurut sebuah studi tahun 2016, pengelupasan fisik, selain membantu menjaga cahaya tampak dari kulit, juga dapat menyebabkan gangguan sementara pada pelindung kulit. Ia juga menyarankan agar kamu menghindari beberapa hal setelah luluran seperti berikut ini:
 

1. Hindari berjemur


Waspadai sinar matahari yang ekstrem setelah pengelupasan. Mariwalla mengatakan bahwa kulit kita bisa sedikit lebih sensitif terhadap sinar matahari setelah pengelupasan. Karena itu, hindari paparan langsung sinar matahari berikutnya. Tak hanya itu, lewati pengelupasan jika saat ini kamu mengalami sengatan matahari.
 

2. Jangan terkelupas lebih jauh


Lulur adalah bahan pengelupas. Jadi tidak perlu melakukan pengelupasan lebih lanjut setelah digunakan. Ini akan membuat kulit lebih kering dan iritasi kulit. Jangan menambahnya dengan pengelupasan kulit yang lain.
 

3. Hindari ke ruang uap


Menggunakan sauna atau ruang uap setelah pengelupasan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jadi sebaiknya lewati saja ya. Selalu berhati-hati saat mengelupas kulit kamu ya dan berhati-hatilah saat melakukannya secara berlebihan. 
(TIN)