BEAUTY

6 Makanan Ini Bikin Kulit Kamu Sehat dan Glowing

Raka Lestari
Kamis 06 Januari 2022 / 15:37
Jakarta: Memiliki kulit yang sehat, bebas jerawat, bebas keriput, bahkan warna kulit yang rata tentunya menjadi dambaan banyak orang. Kulit yang sehat bisa memberikan rasa percaya diri. Akan tetapi, beberapa faktor seperti polusi dan gaya hidup tidak sehat ataupun sinar matahari bisa menyebabkan kerusakan pada kulit.

Untungnya, kamu bisa melawan faktor-faktor eksternal yang merusak kulit dengan mengonsumsi makanan sehat. Menurut Pavitra K, seorang ahli teknologi pangan kamu bisa mengonsumsi makanan berikut untuk mendapatkan kulit sehat:
 

1. Telur 


Telur memiliki nutrisi tertentu yang dapat membuat kulit lebih sehat dan bercahaya. Telur mengandung protein, multivitamin, dan lutein. Multivitamin dan lutein dapat membantu kulit tetap terhidrasi, sedangkan protein membantu memperbaiki jaringan kulit.

Juga, jangan lupa untuk menggunakan kuning telur dalam makanan karena mengandung asam lemak yang dapat memberikan kelembapan pada kulit dan membuat kulit menjadi lebih bercahaya.


makanan untuk kulit glowing
(Cokelat hitam mengandung beberapa senyawa yang bersifat antioksidan, seperti flavalol dan polifenol. Antioksidan menetralkan radikal bebas dan mencegah stres oksidatif. Stres oksidatif mengacu pada kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas dalam jumlah berlebihan pada sel dan jaringan dalam tubuh. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

2. Cokelat hitam


Cokelat hitam mengandung mineral seperti tembaga, seng, dan zat besi yang membantu mengangkat sel kulit mati. Mengkonsumsi cokelat hitam dapat membantu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dan dapat memberikan tekstur yang halus pada kulit.
 

3. Alpukat


Alpukat merupakan buah yang kaya vitamin C dan vitamin E yang membantu mendapatkan kulit yang sehat. Vitamin dan lemak yang ada dalam alpukat membantu memperbaiki kulit dan mengobati kondisi seperti jerawat dan eksem. Ini juga dapat membantu mengurangi kerutan dan membuat kulit terlihat lebih rata.
 

4. Almond 


Ingin mencegah kulit dari bintik-bintik hitam? Tambahkan almond ke dalam makanan sehari-hari karena almond kaya akan Vitamin E yang memberikan hidrasi yang dibutuhkan kulit dan membuat kulit lebih mudah untuk bernapas.
 

5. Kacang mete


Tinggi dengan vitamin E, selenium dan seng, kacang mete bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan bercahaya. Selenium dan vitamin E dalam kacang mete dapat membantu mengurangi peradangan dan seng membantu mengisi kembali area kulit yang rusak.
 

6. Kiwi 


Kiwi dapat menginduksi sirkulasi oksigen dan dengan demikian membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Selain itu, kiwi juga mengandung potasium yang dapat membantu kulit dari kekeringan dan membuat kulit lebih sehat.

(TIN)