BEAUTY

Gunakan Sunscreen yang Bisa Memberi Perlindungan dari Sinar UVA dan UVB

Raka Lestari
Rabu 21 April 2021 / 13:42
Jakarta: Penggunaan sunscreen atau tabir surya sangat penting untuk mencegah terjadinya penuaan pada kulit. Dan tentunya, dalam memilih sunscreen usahakan memilih produk yang dapat melindungi kulit, baik dari sinar UVA maupun UVB.

Penelitian yang dilakukan oleh L’Oréal membuktikan bahwa 75% penuaan dini dapat disebabkan oleh sinar UV. Sinar UVB merupakan sinar yang dapat mengakibatkan efek sunburn.  

Sedangkan, sinar UVA adalah UV yang paling merusak  kulit, yang  menyerang sepanjang hari dengan 3 dampak  utama: hyperpigmentasi, kerusakan struktur kulit dan mengurangi kelembapan, fungsi sel dan stres oksidatif.

Dokter. Litya Ayu Kanya Anindya Sp.KK,FINS DV, menjelaskan, penggunaan sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari efek photoaging. Sunscreen yang baik adalah yang memiliki perlindungan broad-spectrum, yaitu terhadap UVB dan UVA.

"Sunscreen juga dapat dikombinasikan dengan bahan aktif lain yang dapat meningkatkan efektivitas dan memberi manfaat tambahan, seperti mengurangi pigmentasi dan   melembapkan," ujar dr. Litya.

Dijelaskan oleh Elisabeth Bouhadana, Global Scientific Director L’Oréal Paris, Studi klinik menunjukkan kronologi proses penuaan dini seperti noda hitam, kulit kusam, dan garis halus, dapat terjadi lebih cepat jika seseorang ter-ekspos oleh UV tanpa menggunakan sunscreen.

Sebanyak 75% penuaan dini disebabkan oleh sinar UV yang disebut juga photoaging. UVA meningkatkan radikal bebas di kulit lapisan epidermis dan dermis sejak paparan pertama dan menyebabkan noda hitam.

Untuk rutinitas kecantikan sehari-hari para ahli dermatologi menyarankan agar menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30. Dalam menggunakan sunscreen, usahakan untuk mengaplikasikan kembali sunscreen setiap 4 jam sekali agar manfaat dari sunscreen bisa maksimal.

Oleh karena itu, menggunakan sunscreen sebagai skincare dasar harianmu merupakan hal yang utama, dan pemilihan sunscreen yang tepat akan dapat mencegah 98% dampak buruk dari   paparan sinar UV serta  membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuan dini pada kulit.
(FIR)