BEAUTY

Amankah Menggunakan Lemon untuk Obati Jerawat?

Raka Lestari
Jumat 02 Oktober 2020 / 10:13
Jakarta: Banyak orang menggunakan air jeruk lemon untuk mengobati jerawat pada kulit mereka. Padahal, mengaplikasikan air jeruk lemon secara langsung pada jerawat justru sangat tidak disarankan lho!

Menurut seorang ahli dermatologi di New York, Dr Marnie Nussbaum, MD, meskipun sering melihat kandungan air lemon dalam berbagai produk kecantikan, seperti pembersih atau serum, bukan berarti kamu bisa langsung mengaplikasikannya begitu saja pada kulit. 

“Produk yang Anda beli, yang memliki kandungan lemon di dalamnya telah diformulasikan secara hati-hati melalui proses kimia menggunakan bahan-bahan yang optimal dan aman untuk digunakan,” ujar Nussbaum.

Dengan mengaplikasikannya langsung pada kulit, hal itu justru dapat menyebabkan masalah pada kulit.

Karena ini mengandung asam sitrat, air lemon dapat mengubah tingkat pH alami di kulit Anda, sehingga berpotensi menyebabkan iritasi kulit dan kepekaan terhadap matahari," kata Dr Sarah Shah dari Artistry Clinic di London kepada Dazed Digital.

“Menggunakan air lemon pada kulit sebelum Anda pergi keluar rumah juga dapat meningkatkan risiko untuk mengalami sunburn karena kulit akan menjadi lebih sensitif,” tambahnya.


(Menggunakan air lemon pada jerawat dapat membuat kulit mengalami iritasi. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Dr Shah mengungkapkan kandungan asam pada lemon dapat membuat kulit mengalami iritasi dan kamu bisa mengalami kulit kering, kemerahan, dan mengelupas. “Efek ini akan semakin bertambah buruk jika Anda memang sudah memiliki kulit yang sensitif sebelumnya,” tuturnya. 

Untuk itu, sebaiknya berhentilah menggunakan air lemon langsung ke kulitmu terutama ketika kulit sedang berjerawat.

Jika, kamu ingin mendapatkan manfaat dari air lemon, cobalah minum infused water yang menggunakan irisan buah lemon di dalamnya yang juga kaya akan kandungan vitamin C.

Menurut Marie Parodi, Direktur spa di Spa JW Marriott Chicago, vitamin C dapat menghilangkan bakteri dan menghilangkan jerawat yang paling umum terjadi pada jenis kulit sensitif atau bermasalah.

Mengonsumsinya juga dapat membantu mendetoksifikasi organ tubuh, yang dapat berkontribusi terhadap kulit yang sehat, kenyal dan cerah,” Parodi. 
(yyy)