BEAUTY

6 Cara Memilih Maskara yang Tepat

Yuni Yuli Yanti
Senin 22 Februari 2021 / 12:53
Jakarta: Memilih maskara yang tepat mungkin tidak semudah kedengarannya. Ya, setiap jenis maskara dapat membuat perbedaan besar dalam hal pengaplikasian, penampilan, hingga rasa di mata. Kita juga semua tahu betul betapa luar biasanya tampilan mata ketika kita mengaplikasikan riasan mata dengan maskara yang sempurna.

Jadi, inilah tujuh tips cara menemukan maskara yang tepat untukmu, diantaranya:
  

1. Pilih sesuai kebutuhan

Pertama, kamu perlu memutuskan jenis maskara yang benar-benar kamu butuhkan. Penggunaan riasan harian akan menentukan apakah kamu akan memilih maskara tahan air atau tidak. Jika kamu tinggal di lingkungan yang panas dan lengket atau mata sering berair, sebaiknya kamu memilih maskara waterproof. 

 

2. Memilih warna maskara 

Warna mata dan kulit sangat menentukan warna maskara yang akan kamu pilih. Begitupun dengan warna alismu. Bila kamu ingin menonjolkan mata, maka maskara hitam menciptakan drama dan menambah glam pada riasan mata. Jika tidak, maskara cokelat akan bekerja paling baik sambil memberikan tampilan yang natural. Maskara berwarna juga cantik, tetapi lebih berani dan tidak konvensional, seperti warna biru misalnya benar-benar dapat menonjolkan warna mata cokelat.
 


3. Tentukan sikat maskara 

Bagaimana cara merawat bulu mata setelah mengaplikasikan maskara? Kamu harus menanyakan pertanyaan ini kepada diri sendiri sebelum pergi toko riasan. Sikat maskara adalah alat utama untuk menentukan tampilan bulu mata yang kamu inginkan. Sikat bulu lurus dan plastik memberimu cakupan maskara penuh, dan membuatnya terlihat ramping dan terpisah. Sementara sikat maskara yang melengkung dan klasik membuat bulu mata menebal dan melengkung.


(Pastikan kamu mencium aroma maskara sebelum membelinya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

4. Maskara untuk mata sensitif 

Jika kamu adalah pengguna lensa kontak atau memiliki mata sensitif, sebaiknya memilih maskara yang sangat lembut. Beberapa maskara dapat menyebabkan mata kemerahan, gatal, dan berair. Bacalah bahan-bahannya saat membeli maskara. Bila kamu menemukan sesuatu yang dapat menyebabkan alergi segera hindari!

 

5. Aroma dan tekstur maskara 

Pastikan kamu mencium aroma maskara sebelum membelinya. Jika aromanya terlalu menyengat atau aneh, hindari dan juga yang memiliki tekstur yang terlalu menggumpal, karena bisa menjadi indikasi kualitasnya tidak bagus atau sudah rusak. 

 

6. Pilih produk terpercaya

Berbicara tentang maskara, cobalah untuk mencari merek yang sudah cukup terkenal dan terpercaya sehingga kamu dapat memastikan keamanan matamu semaksimal mungkin. Ingatlah selalu bahwa kamu mengaplikasikan produk ini begitu dekat dengan mata, jadi kamu harus memilih produk yang paling baik.


Catatan: Pastikan untuk menghilangkan maskara dengan make up remover agar bulu mata tidak rontok. Selain itu, ingatlah untuk mengganti maskara setiap lima bulan sekali untuk menghindari infeksi dan bakteri pada sikat maskara.

(yyy)