BEAUTY

Demi Kelestarian Bumi, L'Oréal Sediakan Kemasan Kirim yang Ramah Lingkungan

A. Firdaus
Kamis 18 November 2021 / 11:20
Jakarta: Aktivitas belanja online yang mengalami peningkatan semasa pandemi telah mengubah gaya hidup konsumen. Belanja online diperkirakan akan terus meningkat, dan seiring dengan peningkatan tersebut, dampak bagi lingkungan menjadi perhatian yang diharapkan dapat diatasi L'Oréal Indonesia bersama dengan mitra e-commerce-nya.

L'Oréal Indonesia bekerjasama dengan Shopee mempionirkan kemasan pengiriman yang lebih ramah lingkungan. Program ini merupakan proyek kolaboratif antara L'Oréal Indonesia yang didukung oleh Shopee. Tujuannya tentu untuk memberikan pengalaman belanja online yang lebih ramah lingkungan dengan mengganti penggunaan bahan pengemasan plastik dan menggunakan kardus yang bersumber dari bahan baku yang bertanggung jawab.

"Menyadari dampak yang dihasilkan bagi bumi melalui rantai bisnis, kami mengambil peran untuk membawa perubahan dalam mengajak konsumen online menjadi lebih sadar dan memulai kebiasaan konsumsi yang lebih berkelanjutan, dimulai dengan kemasan kirim yang lebih ramah Lingkungan," ujar Martin Crosnier, General Manager Consumer Product Division, L'Oréal Indonesia.

"Kami bangga dapat bermitra dengan Shopee, salah satu mitra kunci L’Oréal sejak lama yang memfasilitasi inisiatif ini dengan ikut menyesuaikan proses di warehouse yang berbeda dari sebelumnya. Hal ini tentunya akan meningkatkan pengalaman belanja online konsumen L’Oréal di Shopee," sambungnya.


Kardus bersertifikasi CoC (Chain of Custody) dari FSC (Forest Stewardship Council). (Foto: L'Oreal Indonesia)


Kemasan kirim yang lebih ramah lingkungan ini meniadakan plastik sebagai pembungkus tambahan. Tiga komponen utama kemasan kirim, yakni mengganti bubble wrap menjadi flute liner yang berbahan kertas, mengganti selotip plastik menjadi selotip kertas, dan menggunakan kardus yang telah menerima sertifikasi CoC (Chain of Custody) dari FSC (Forest Stewardship Council).

Kardus tersebut dalam proses produksi dipastikan berasal dari sumber yang bertanggung jawab. Dari langkah awal ini, diestimasi L'Oréal Indonesia dapat menggantikan 48 ton plastik kemasan pengiriman menjadi kemasan kirim lebih ramah lingkungan dalam satu tahun. Kemasan kirim lebih ramah lingkungan ini telah diaplikasikan ke empat official store L'Oréal di Shopee antara lain Garnier, Garnier Men, Maybelline, dan L'Oréal Paris.


Beauty Goes Green Media Discussion (Foto: L'Oréal Indonesia)

Inisiatif L'Oréal Indonesia ini didukung oleh Shopee. Di antaranya memfasilitasi gudang mereka untuk menyediakan area pengemasan dan sumber daya manusia agar bisa belanja online yang lebih ramah lingkungan.

Tak hanya itu, L'Oréal Indonesia juga secara konsisten terus mengedukasi masyarakat untuk memulai gaya hidup lebih berkelanjutan. Melalui Garnier yang berkomitmen menuju Green Beauty, para konsumen diharapkan mulai memilah sampah di rumah untuk memudahkan proses daur ulang. Saat ini masyarakat masih butuh informasi mengenai cara memilah sampah yang benar di rumah.

"Aksi nyata kami wujudkan dengan terus mendorong gaya hidup memilah sampah mulai dari rumah, berkolaborasi dengan e-Recycle untuk memudahkan konsumen dalam berpartisipasi mengurangi polusi plastik di Indonesia dengan menyediakan sistem penjemputan sampah secara offline dan online (berbasis aplikasi)," terang Pandu Brodjonegoro, Brand General Manager Garnier Indonesia.

“Kami sadar mengganti kemasan kirim yang lebih ramah lingkungan merupakan langkah awal namun perlu diambil sekarang. Untuk menuju keberlanjutan, komitmen jangka panjang ini perlu terus mengembangkan upaya kolaboratif bersama para mitra, konsumen dan pemerintah," pungkasnya.
(FIR)