BEAUTY

AHA dan BHA, Apa Bedanya dalam Perawatan Kulit

Kumara Anggita
Selasa 06 April 2021 / 15:40
Jakarta: Untuk kamu yang suka merawat kulit, pasti kamu sering membaca atau mendengar kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dan Beta Hydroxy Acids (BHA). Ini adalah jenis asam hidroksi yang sering ditemukan dalam pembersih, toner, pelembap, scrup, masker, dan masih banyak lagi.

AHA dan BHA memiliki tujuan khusus yang perlu kamu ketahui, sehingga penggunaannya bisa efektif. Mengutip dari Healthline AHA dan BHA umumnya digunakan untuk mengelupas sel kulit mati atau menghilangkan seluruh lapisan terluar.
 

Manfaat serupa yang dibagikan AHA dan BHA


AHA dan BHA keduanya merupakan exfoliant kulit. Dua zat ini memiliki beberapa manfaat yang serupa antara lain:

- Mengurangi peradangan pada jerawat, rosacea, dan masalah kulit lainnya.

- Mengurangi munculnya pori-pori besar dan kerutan permukaan.

- Meratakan warna kulit.

- Memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

- Mengangkat sel kulit mati.

- Membuka pori-pori yang tersumbat untuk mencegah jerawat.
 

Apa perbedaan AHA dan BHA?


AHA adalah asam larut air yang terbuat dari buah manis. Zat ini membantu mengelupas permukaan kulitmu. Sehingga sel-sel kulit baru yang berpigmen lebih merata dapat terbentuk dan menggantikannya. Setelah digunakan, kamu mungkin akan melihat bahwa kulit  lebih halus saat disentuh.

Di sisi lain, BHA larut dalam minyak. Tidak seperti AHA, BHA dapat masuk lebih dalam ke pori-pori untuk mengangkat sel kulit mati dan sebum berlebih.
 

AHA dan BHA, harus pilih yang mana ya?


AHA terutama digunakan untuk hiperpigmentasi ringan seperti bintik-bintik penuaan, melasma, dan bekas luka pori-pori membesar, menghilangkan garis halus dan kerutan permukaan, serta membantu masalah warna kulit tidak rata.

Perlu diingat juga bahwa AHA sering dipasarkan sebagai produk yang aman untuk semua jenis kulit, kamu sebaiknya berhati-hati jika kamu memiliki kulit yang sangat kering dan sensitif. Kamu mungkin perlu menggunakannya secara bertahap untuk penggunaan sehari-hari supaya kamu terhindari dari iritasi.

BHA, di sisi lain, terutama digunakan untuk jerawat dan kerusakan akibat sinar matahari. Produk-produk ini masuk jauh ke dalam folikel rambutmu untuk mengeringkan minyak berlebih dan sel kulit mati untuk membuka pori-pori.

Karena efek ini, BHA paling cocok untuk kombinasi pada kulit berminyak. Konsentrasi yang lebih rendah dapat digunakan untuk membantu menenangkan kulit sensitif. Kamu mungkin juga akan mendapatkan hasil yang diinginkan jika menggunakan BHA untuk mengurangi kemerahan yang berhubungan dengan rosacea.
(FIR)